San Franciso (ANTARA News) - Kata 'kematian Osama bin Laden" seketika meledak populer dalam pesan-pesan online di Twitter, Facebook, dan juga klip-klip video YouTube.

Jumlah pesan teks singkat tweet di Twitter melonjak 4.000 pesan per detik.  Presiden AS Barack Obama mengumumkan bahwa otak Serangan 11 September itu terbunuh di Pakistan oleh sebuah operasi militer AS.

Berondongan tweet kata Osama ini adalah pesan tertinggi dalam Twitter yang sempat mencapai rekor tertinggi 6.939 tweet per detik ketika Perayaan Tahun Baru 2010 sampai di Jepang.

Pesan-pesan bertitel "#osama" dan "obl" dengan cepat melonjak ke atas dua tingkat pada daftar topik terpanas di layanan mikroblog global tersebut.

"Twitter adalah Times Square kami di hari kemenangan ini," kicau profesor jurnalisme dari kota New York, Jeff Jarvis, yang memulai blog online Buzz Machine-nya beberapa saat setelah gedung World Trade Center dihancurkan.

Sampai akhir hari Minggu waktu AS di California lebih dari 250.000 orang menuliskan kata "liked" pada laman "Osama bin Laden is Dead" di jejaring sosial Facebook.

Laman Facebook ini dipenuhi oleh komentar-komentar, video dan gambar, yang diantaranya mengaku menyalin cuplikan gambar jenazah Osama. Banyak dari komentar-komentar ini mengolok-olok pemimpin Alqaeda.

"Ini adalah hari yang luar biasa bagi para keluarga korban 9/11 (Serangan 11 September)," kata seorang pengguna Facebook berkomentar di lamannya, seperti dikutip AFP.

Laman video-sharing milik Google, YouTube, bahkan sampai mengalokasikan sepertiga lamannya untuk klip-klip yang berhubungan dengan kematian Bin Laden.

Pada layanan geolokasi Foursquare, lebih dari 160 rakyat di San Francisco mengunjungi "Post-Osama bin Laden World" (Dunia Passa Osama bin Laden) dengan memanfaatkan ponsel pintar mereka. (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011