Jakarta (ANTARA News) - Kesepakatan antara PT Asuransi Sinarmas dengan Mitsui Sumitomo Insurance Co Ltd., akan membuat PT Sinarmas Multiartha Tbk., menjadi perusahaan asuransi bermodal terbesar di Indonesia.

Menurut siaran pers PT Asuransi Jiwa Sinarmas di Jakarta, Senin, inti Kesepakatan antara kedua belah pihak adalah rencana penerbitan saham baru Asuransi Jiwa Sinarmas senilai Rp7 triliun (JPY 66,7 Miliar) yang akan dibeli sepenuhnya oleh Mitsui Sumitomo Insurance Co.Ltd.

Dengan demikian, saham di Asuransi Jiwa Sinarmas komposisinya adalah Sinarmas Multiartha Tbk dengan Mitsui Sumitomo Insurance Co. Ltd. masing-masing senilai 50 persen.

Jalinan kesepakatan itu akan berlaku efektif setelah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Keuangan.

Asuransi Jiwa Sinarmas akan menjadi perusahaan Utama dalam penyedia jasa perencanaan dan perlindungan keuangan di Indonesia dengan bergabungnya Mitsui Sumitomo Insurance Co.,Ltd., yang sudah mempunyai pengalaman global.

Selain itu, perusahaan dapat memperkuat permodalan perusahaan dan meningkatkan kemampuan perusahaan dalam menghadapi dan memenangkan persaingan Global.

Modal Rp8,5 triliun, akan digunakan PT. Asuransi Jiwa Sinarmas untuk ekspansi bisnis melalui semua lini usahanya, yaitu Agency, Bancassurance, Corporate, serta Direct & Telemarketing dan Electronic Distribution. Modal ini juga akan digunakan untuk menciptakan produk baru yang dibutuhkan semua lapisan masyarakat.

Asuransi Sinarmas juga memprioritaskan peningkatan kemampuan pelayanan kepada seluruh pemegang polis (nasabah) dengan dukungan seluruh staf dan teknologi yang handal.

Pendapatan premi Asuransi Jiwa Sinarmas pada 2010 mencapai Rp9,2 triliun, naik dari tahun 2009 hanya Rp7,1 triliun dan total aset perusahaan naik dari Rp7,84 triliun menjadi Rp11,45 triliun pada periode yang sama.

Ekuitas perseroan juga membaik menjadi Rp1,5 triliun dari Rp913 miliar dan total aset mencapai Rp11,45 triliun dari Rp7,84 triliun.

Laba bersih naik menjadi Rp542,5 miliar dari sebelumnya Rp234 miliar. (*)

(Tz-h.CS/

(T.H-CS/C/A027/A027) 02-05-2011 15:41:35

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011