Jakarta (ANTARA News) - Mantan Menteri Peningkatan Produksi Negara Islam Indonesia Imam Supriyanto memberikan kesaksian bahwa aktivis NII mulai masuk ke sejumlah partai politik, seperti Partai Golkar, Partai Demokrat, dan Partai Republikan.

"Meskipun aktivis NII tersebut baru sebatas anggota belum menjadi pengurus," kata Imam Supriyanto, usai bertemu Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin.

Menurut dia, NII Komandemen Wilayah IX (KW IX) yang dipimpin oleh Syeh Panji Gumilang juga sedang melakukan rekrutmen banyak anggota dari generasi muda, terutama pelajar dan mahasiswa.

Pada rekrutmen tersebut, kata dia, NII KW IX tidak mengajarkan ideologi teror dan kekerasan, tapi mengajarkan membayar infaq dan sodaqoh.

Mantan petinggi NII, Kamal Singadirata menambahkan, aktivis NII KW IX masuk ke berbagai kalangan termasuk partai politik.

Bahkan, kata dia, putra pimpinan NII KW IX, Syeh Panji Gumilang, saat ini menjadi anggota DPRD Kabupaten Indramayu dari Fraksi Partai Golkar.

Ia menambahkan, pimpinan partai politik juga menjalin hubungan baik dengan Syeh Panji Gumilang dan kadang-kadang berkunjung ke Pondok Pesantren Al Zaytun di Indramayu, Jawa Barat.

Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso mengatakan, dirinya merasa kaget ketika tamunya yang mantan pejabat NII menjelaskan soal strukur dan pengurus NII.

Dari penjelasan tersebut, katanya, dirinya mengetahui NII KW IX dipimpin oleh Syah Panji Gumilang dengan struktur kabinetnya.

Ketua DPP Partai Golkar ini menambahkan, dari penjelasan tersebut, dirinya juga mengetahui NII KW IX mengajarkan soal infaq dan sodaqoh, bukan mengajarkan soal ideologi teror dan kekerasan.

(R024/A035)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011