Manchester (ANTARA News) - Manajer Manchester United Sir Alex Ferguson mendukung keputusan Edwin van der Sar untuk pensiun, Selasa, dengan mengatakan pemain veteran asal Belanda itu telah memilih waktu yang tepat untuk menggantung sarung tangan kipernya.

Van der Sar akan meninggalkan sepak bola pada akhir musim ini, menutup karirnya yang cemerlang di klub dan level internasional.

Pemain berusia 40 tahun itu menikmati musim terakhir yang sangat baik bersama Manchester United, yang mendorong beberapa rekan setimnya untuk meminta agar ia memikirkan kembali keputusannya.

Namun Ferguson, Selasa, menegaskan bahwa ia tidak berada di antara mereka yang berusaha membujuk van der Sar untuk terus bermain.

"Saya kira, jujur saja kepada Anda, jika saya memberi saran kepada Edwin van der Sar saat ini, saya akan katakan `pensiun`," kata Ferguson dalam temu pers.

"Karena ia berada pada puncak karirnya yang lengkap. Dan saya kira terkadang ketika seorang pemain mencapai usia tertentu, mendadak masanya datang pada Anda dengan sangat tiba-tiba. Dan saya tidak ingin melihat Edwin van der Sar berada dalam situasi itu.

"Ia pantas pergi pada posisi sangat, sangat puncak. Karena ia mempunyai karir yang sungguh fantastik. Bukan hanya apa yang ia lakukan di lapangan sepak bola tetapi bagaimana ia sebagai seorang profesional, dan sebagai manusia.

"Maka saya kira saran saya padanya adalah `Ya, ini waktunya.` Tidak ada alasan bagi dia untuk mengambil risiko satu tahun lalu."

Van der Sar bergabung dengan United dari Fulham pada 2005, membawa klub tersebut memenangi tiga gelar Liga Premier dan Liga Champions 2008.
(*)

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011