Ia (Van Gaal) sempurna untuk Manchester United karena ia berpengalaman sebagai pelatih internasional dan ia paham sepak bola Inggris
London (ANTARA News) - Louis Van Gaal segera meninggalkan pekerjaannya sebagai pelatih timnas Belanda setelah Piala Dunia 2014. Ia difavoritkan sebagai pelatih Manchester United menyusul pemecatan David Moyes pada pekan lalu.

Pelatih 62 tahun ini telah merebut tropi untuk Piala Dunia, La Liga, dan Bundesliga. Ia juga memimpin Ajax Amsterdam dan sukses di Liga Champions tahun 1995.

Franz Beckenbauer, yang saat itu sebagai presiden Bayern Munchen saat The Bavarians merekrut Van Gaal ke Jerman, percaya bahwa Van Gaal mampu melatih United. Van Gaal dianggap mampu membangun kembali United setelah "bencana" yang dibuat Moyes.

"Ia (Van Gaal) sempurna untuk Manchester United karena ia berpengalaman sebagai pelatih internasional dan ia paham sepak bola Inggris," kata Beckenbauer seperti yang dilansir fourfourtwo (29/4).

"Saya tidak tahu jika ini rumor atau jika mereka (pemilik MU) benar-benar mencoba untuk mengontraknya tapi jika mereka setuju dengan Louis, saya pikir akan sangat baik kedepannya,"
tambahnya.

Beckenbauer menilai dengan banyaknya penghargaan yang telah Van Gaal terima, pengalamannya, dan sifatnya yang ambisius membuat pelatih asal Belanda itu mampu memimpin MU.

Beckenbauer meyakini Van Gaal sebagai salah satu pelatih terbaik dunia, meskipun Van Gaal memiliki sifat yang arogan.

"Jika anda bertanya padanya pertanyaan bodoh maka bisa saja jawabannya sedikit arogan tapi jika anda memperlakukannya dengan hormat, maka ia akan menghormati Anda juga," ujar Beckenbauer.

Edwin Van der Sar, yang memenangkan Liga Champion dan tiga piala Liga Belanda dengan Van Gaal sebelum pensiun di United, membandingkan Van Gaal dengan mantan pelatihnya, seperti Alex Ferguson dan Carlo Ancelotti.

"Saya akan berbicara lebih banyak tentang Louis dan United saat perekrutannya sudah resmi," ujar mantan kiper ini.

"Sekarang, saya hanya akan berkata Louis van Gaal adalah pelatih terbaik yang pernah melatih saya".

Saat ini Manchester United dibawah arahan Ryan Giggs dan memetik kemenangan 4-0 atas Norwich, Minggu (27/4).

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014