AsiaNet 44475
     
NEW YORK dan WASHINGTON, 5 Mei 2011 (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) --

Jaminan mempermudah pengembangan fasilitas pengambilan gas dan pembangkit listrik KivuWatt ContourGlobal senilai $142 juta di Rwanda
    
     ContourGlobal hari ini mengumumkan bahwa Badan Jaminan Investasi Multilateral - Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA) telah mengeluarkan jaminan investasi yang mendukung proyek KivuWatt senilai $142 juta milik perusahaan itu, fasilitas pengambilan dan produksi gas metana terpadu dan pembangkit listrik 25 MW terkait di Danau Kivu di Kibuye, Rwanda. Proyek gabungan itu akan menghilangkan gas metana berbahaya yang terperangkap di perairan Danau Kivu, dan memproses gas tersebut untuk digunakan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan listrik yang sangat diperlukan untuk tenaga listrik nasional Rwanda, di mana sebagian besar penduduk tidak memperoleh listrik.

     Dengan memanfaatkan bahan bakar asli, yang terdiri dari metana bawah permukaan yang larut di dasar Danau Kivu, proyek KivuWatt akan sangat menurunkan biaya listrik yang diperlukan untuk mendorong ekonomi Rwanda yang tumbuh pesat. Proyek KivuWatt juga akan mewakili penggunaan berskala besar pertama gas ini, dan pengambilan gas akan sangat mengurangi bahaya lingkungan yang terkait dengan pelepasan alami gas danau di samping memberikan sumber pembangkit listrik yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

     Proyek KivuWatt saat ini tengah dibangun di Kibuye, Rwanda di mana tongkang tempat fasilitas pengambilan gas hampir rampung dan diharapkan akan dibuka pada awal Juni 2011. Wartsila Finlandia memproduksi mesin-mesin pembangkit listrik dan akan mulai membangun stasiun pembangkit listrik, yang juga terletak di Kibuye, pada bulan Mei 2011. KivuWatt saat ini tengah menyelesaikan pembiayaan proyek dengan sindikasi pinjaman yang dipimpin oleh Bank Pembangunan Afrika, Emerging Africa Infrastructure Fund, dan FMO, bank pembangunan Belanda. Proyek ini diharapkan akan beroperasi pada tahun 2012.

     Joseph C. Brandt, Presiden dan Chief Executive Officer ContourGlobal, berkata "Pemberian paket jaminan oleh MIGA ini merupakan peristiwa penting bagi proyek KivuWatt dan terjadi karena proyek ini tinggal setahun lagi beroperasi penuh. Kami berterima kasih kepada MIGA atas dedikasi dan dukungan mereka serta kepemimpinan yang telah mereka tunjukkan dalam menjanjikan proyek tersebut pada tahap yang penting ini."
    
     "Rwanda memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang luar biasa, namun tantangan terus-menerus kurangnya infrastruktur tenaga listrik telah menjadi kendala besar," ujar Izumi Kobayashi, Wakil Presiden Eksekutif MIGA. "Kami sangat senang mampu memfasilitasi investasi ini menjadi proyek terbarukan kompleks yang akan membantu Rwanda mencapai salah satu tujuan pembangunan utamanya."
    
     Tentang ContourGlobal
     ContourGlobal adalah perusahaan operasional dan pengembangan tenaga listrik dan energi yang berkantor pusat di New York City dengan sekitar 900 karyawan di seluruh dunia dan kapasitas lebih dari 1.300 MW yang tengah beroperasi, sedang dibangun, atau dalam pengembangan aktif di beragam pasar termasuk Amerika Utara dan Selatan, Uni Eropa, Ukraina, dan Afrika Sub-Sahara. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan pengembangan tenaga listrik terkemuka di Afrika dengan proyek-proyek yang sedang dibangun atau dikembangkan di lima negara, termasuk Togo, Nigeria, Rwanda, Kenya dan Mali. Proyeknya di Togo diakui sebagai African Private Power Deal of the Year Majalah Euromoney Project Finance pada tahun 2009, dan proyek ContourGlobal Solutions-nya di Eropa dan Afrika juga diakui oleh Euromoney Project Finance pada tahun 2010.

     Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi http://www.contourglobal.com.

     Tentang MIGA
     MIGA didirikan pada tahun 1988 sebagai anggota Kelompok Bank Dunia yang meningkatkan investasi langsung asing ke negara-negara berkembang untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan, dan memperbaiki kehidupan orang. MIGA memenuhi amanat ini dengan menawarkan asuransi risiko politik (jaminan) kepada investor dan pemberi pinjaman, yang mencakup risiko termasuk pengambilalihan, pelanggaran kontrak, pembatasan transfer mata uang, perang dan gangguan sipil, serta tidak menghormati kewajiban keuangan yang berdaulat.

     Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi http://www.miga.org

SUMBER: ContourGlobal
    
     KONTAK: ContourGlobal: William Barry,
             +1-212-307-2518;

             MIGA: Rebecca Post,
             +1-202-473-1964,

             Mallory Saleson,
             +1-202-473-0844

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011