Jakarta, 6/5 (ANTARA) - Menyambut ASEAN Summit 2011, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Ir. Jero Wacik, SE mendapat tugas untuk menyelenggarakan ASEAN Youth Camp pada Oktober mendatang.

     Menbudpar mengatakan, ada program yang sangat penting dalam ASEAN Summit 2011 yaitu people to people contact. Program ini yang masuk bidang kebudayaan dan pariwisata. "Untuk mewujudkan program ini kita akan mengadakan ASEAN Youth Camp di Jogyakarta pada Oktober mendatang," kata Menbudpar Jero Wacik seusai mengukuhkan Pengurus Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) di Gedung Sapta Pesona, Kamis (5/5).

     Dengan kegiatan Kemah Pemuda ASEAN (ASEAN Youth Camp) tersebut, menurut Menbudpar, akan ada interaksi antar pemuda ASEAN sehingga bisa membangun rasa kekeluargaan dan kebersamaan. Rencananya, para delegasi dari negara-negara ASEAN ini akan tinggal di desa-desa wisata di sekitar Jogyakarta. Mereka akan membuat pertunjukkan kesenian untuk dipentaskan bersama. "Kegiatan ini akan membuat mereka seperti saudara," kata Menbudpar.

     Selain itu, Dalam KTT ASEAN pada 7-8 Mei mendatang, Kemenbudpar juga akan mengadakan Pagelaran Kebudayaan bertema "Kebersamaan dan Harmonisasi" di Assembly Hall, JCC. Acara tersebut akan dimeriahkan oleh Elfa's Singer Choir, Twilite Orchestra, Twilite Chorus, Addi MS, Daniel Christanto, dan Lea Simanjuntak. "Sabtu pagi, pada saat acara pembukaan, kita akan mempersembahkan choir. Paduan suara itu akan menyanyikan lagu kebangsaannya ASEAN dan diiringi dengan orchestra" ujar Menbudpar.

     Menbudpar menambahkan, pagelaran budaya tersebut sebagai ajang pembuktian bahwa selain unggul di bidang seni tari, Indonesia juga unggul di bidang musik, seperti orchestra. "Kita mau menunjukkan pada dunia, pada ASEAN, bahwa disamping tari tradisi, kita juga punya orchestra yang bagus," kata Menbudpar.

     Dia meminta seluruh pihak agar dapat menyukseskan acara ASEAN, karena Indonesia mendapat posisi yang strategis sebagai Ketua ASEAN. "Bersama-sama mari kita sukseskan acara ini, ini ajang bagus untuk promosi pariwisata di Indonesia," ujarnya.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Ka.Pusformas Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Pewarta: Masnang
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011