Yogyakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga India Shri Ajay Maken bertemu dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedung Wilis Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jumat.

Shri Ajay Maken mengatakan, pertemuan itu selain sebagai ajang silaturahmi juga untuk mempererat hubungan dengan Yogyakarta khususnya kerja sama di bidang kepemudaan dan keolahragaan.

"Kami akan menjalin kerja sama kepemudaan dan keolahragaan dengan Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pelajar dan memiliki potensi yang sangat besar," katanya.

Sultan mengatakan, pihaknya menyambut gembira rencana kerja sama kepemudaan dan keolahragaan antara Yogyakarta dengan India.

Selama ini, menurut dia, Yogyakarta telah melakukan kerja sama pertukaran pemuda dengan Australia seperti yang dilakukan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dengan salah satu universitas di Australia.

"Kerja sama pertukaran pemuda Yogyakarta dengan India juga bisa dilakukan, karena keduanya memiliki kesamaan visi dan misi," katanya.

Staf ahli Menpora RI Bidang Pengarusutamaan Kepemudaan dan Keolahragaan Adiati Nurdin mengatakan, pertukaran pemuda dengan India telah direncanakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

"Pertukaran pemuda Indonesia dengan India akan direalisasikan pada 2012. Untuk mengawalinya akan dikirim delegasi pemuda dari Yogyakarta untuk mewakili Indonesia," katanya. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011