Yogyakarta (ANTARA News) - Panitia Milad ke-68 Universitas Islam Indonesia Yogyakarta akan meluncurkan buku biografi "KHA Wahid Hasyim: Sejarah, Pemikiran, dan Baktinya bagi Agama dan Bangsa" di Yogyakarta, 7 Mei 2011.

"Peluncuran buku biografi mantan Menteri Agama itu bekerja sama dengan Panitia Peringatan Satu Abad KHA Wahid Hasyim," kata Wakil Rektor I Universitas Islam Indonesia (UII) Nandang Sutrisna di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, kegiatan itu dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenang, memahami, mengambil inspirasi, dan mendiseminasikan kembali pikiran dan gagasan KHA Wahid Hasyim.

Pikiran dan gagasan mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu di antaranya di bidang agama, politik, kebangsaan, dan pendidikan.

"Di bidang pendidikan, Wahid Hasyim mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang di kemudian hari menjadi universitas bernama Universitas Islam Indonesia (UII)," katanya.

Panitia Peringatan Satu Abad KHA Wahid Hasyim, Sofiullah mengatakan, Wahid Hasyim dilahirkan di Jombang, Jawa Timur, 1 Juni 1914, dari pasangan pendiri PBNU M Hasyim Asy`ari dan Nafiqoh. Wahid Hasyim menikah dengan Solehah.

Menurut dia, dari pernikahan itu lahir lima anak, yakni Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Aisyah, Salahudin Wahid, Umar Wahid, Lily Wahid, dan Muhammad Hasyim.

"Wahid Hasyim yang dikenal sebagai kiai khos, ulama, politikus, diplomat, jurnalis, dan tokoh pergerakan itu meninggal pada 18 April 1953 dalam usia 39 tahun," katanya. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011