"Orangnya memang pendiam, dan tidak banyak bergaul dengan tetangga sekitar yang lain."
Sidoarjo (ANTARA News) - Pramugari Merpati Airlines Sumayani yang ikut menjadi korban jatuhnya pesawat Merpati di perairan Kaimana, Papua, dikenal oleh tetangga sekitar rumahnya di perumahan Pondok Candra, Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), sebagai sosok pendiam.

Salah seorang satuan pengamanan (satpam) perumahan tersebut, Budi S., Minggu, mengatakan bahwa Sumayani memang dikenal sebagai sosok pendiam dan tidak banyak berkomunikasi dengan tetangga sekitar rumahnya.

"Orangnya memang pendiam, dan tidak banyak bergaul dengan tetangga sekitar yang lain," katanya.

Ia mengemukakan, sekitar dua hari sebelum kecelakaan itu terjadi, korban juga tampak bingung dan kelihatan murung.

"Kami melihat sebelum peristiwa nahas itu terjadi, Sumayani sempat keluar masuk rumahnya tanpa alasan yang jelas," katanya.

Ia menjelaskan, saat ini kondisi rumah Sumayani yang ada di Jalan Jeruk Barat nomor 47, Perumahan Pondok Candra, Sidoarjo, Jawa Timur, masih tampak tertutup dan sepi.

Sejak kepergian Sumayani menjalankan tugas sebagai pramugari Merpati dua hari lalu, rumah Sumayani kosong.

"Suaminya, Rano Adi, sedang berada di Semarang menjalankan tugas rutinnya sebagai karyawan sebuah asuransi," katanya.

Ia mengemukakan, meski kesehariannya dikenal sebagai sosok pendiam, namun kepergiannya dua hari yang lalu itu dirasakan cukup aneh.

"Tidak seperti biasanya, sebelum berangkat kerja, Sumayani tampak bingung keluar masuk rumah sebelum akhirnya meninggalkan rumah untuk tugas penerbangan ke Papua," katanya.

Sumayani, kata dia, selalu datang ke rumahnya di Perumahan Pondok Candra Indah saat dirinya lepas dinas usai bertugas menjadi pramugari.

Hingga kini, sejumlah tetangga dan pengurus Rukun Tetangga (RT) tempat tinggal Sumayani belum tahu jenazah Sumayani akan dimakamkan di mana

"Hingga kini tidak ada satu pun pihak keluarga yang berada di rumah itu dan juga kondisi rumah yang dalam keadaan tertutup," katanya.

Ia menambahkan, begitu mendapatkan laporan kalau Sumayai meninggal dalam kecelakaan jatuhnya pesawat Merpati di Perairan Kaimana Papua, kini rumah Sumayani mendapatkan penjagaan ekstra dari petugas keamanan setempat.

Keluarga korban hingga kini masih berada di Semarang sambil menunggu berita kedatangan jenazah dari Papua. (L.PSO-074*E011)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011