Jakarta (ANTARA) - Dinamo Zagreb memastikan tempat playoff fase gugur Liga Europa setelah gol awal menakjubkan yang dilesakkan Mislav Orsic membawa mereka menang 1-0 atas tim lapis kedua yang kebanyakan pemain muda West Ham United dalam pertandingan terakhir Grup H, Jumat dini hari.

West Ham sudah memastikan posisi teratas dan otomatis lolos ke 16 besar, sedangkan Dinamo yang runner up grup akan menghadapi salah satu tim peringkat ketiga Liga Champions.

Orsic kembali bersinar melawan tim Liga Premier dalam kompetisi Eropa level dua tersebut setelah mencetak hattrick dalam kemenangan agregat 3-2 yang mengesankan atas Tottenham Hotspur dalam fase gugur musim lalu.

Pemain sayap itu menaklukkan kiper cadangan West Ham Alphonse Areola dengan tembakan sembari menjatuhkan diri dari tepi area penalti ke sudut atas gawang lawan sehingga membuat senang segelintir pendukungnya di Stadion London.

Baca juga: Hasil pertandingan terakhir fase grup Liga Europa

Areola sendiri bermain cemerlang dengan menghalau dua upaya jarak jauh Luka Ivanusec dan satu lagi yang dibuat Orsic saat Dinamo mendikte permainan dan jarang diganggu oleh tim tuan rumah.

Sementara itu Red Star Belgrade yang menjadi juara Piala Eropa 1991, mengunci Grup F setelah imbang 1-1 di kandang tim Portugal Braga yang finis kedua, sedangkan tim peringkat ketiga Midtjylland hanya bisa bermain imbang 0-0 melawan tuan rumah Ludogorets.

Wenderson Galeno membuat Braga unggul ketika ia mengonversi penalti pada menit ke-52 sebelum Aleksandar Katai membalas juga dengan tendangan penalti yang mengecoh kiper Matheus ke arah yang salah setelah bek Radovan Pankov dilanggar di kotak terlarang.

Midtjylland yang mesti menang agar finis dua besar terpaksa masuk Liga Conference Europa di mana mereka akan bertemu dengan salah satu runner-up kompetisi itu untuk memperebutkan tempat 16 besar.

Sebelumnya Napoli mengamankan tempat playoff dengan menang 3-2 atas Leicester City yang terpaksa terlempar dari kompetisi ini. Spartak Moscow memuncaki grupnya berkat menang 1-0 atas tuan rumah Legia Warsawa, demikian laporan Reuters.

Baca juga: Dikalahkan Napoli 2-3 , Leicester City tersingkir dari Liga Europa
Baca juga: Salzburg lanjut 16 besar, Sevilla turun ke Liga Europa

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021