Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca pelabuhan di DKI Jakarta cerah berawan pada Jumat antara pagi hingga malam. 

Dikutip dari akun media sosial Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta pada pukul 07.00 WIB, cuaca Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, diprakirakan cerah berawan dengan kecepatan angin berhembus dari barat ke barat laut antara 5-13 knot.

Ketinggian gelombang air laut antara 0,5-1,25 meter dan diprakirakan pasang maksimum air laut terjadi pukul 11.00 WIB di mana ketinggiannya mencapai satu meter.

BMKG memprakirakan suhu udara di Pelabuhan Tanjung Priok berkisar 27-32 derajat celsius dan kelembaban udara 68-83 persen dengan jarak pandang sembilan kilometer.

Demikian pula prakiraan cuaca, suhu, ketinggian gelombang, serta visibilitas, di Pelabuhan Marunda dan Pelabuhan Kalibaru di Cilincing, Pelabuhan Sunda Kelapa, Pelabuhan Perikanan Samudra Nizam Zachman Muara Baru, serta Pelabuhan Kaliadem Muara Angke di Penjaringan.

Namun, kecepatan angin berhembus di lima kawasan pelabuhan tersebut berpotensi bisa mencapai antara 5-15 knot.

Sementara itu, di wilayah perairan Jakarta, seperti di perairan Kepulauan Seribu, Teluk Jakarta, dan laut Jawa bagian barat, BMKG memprakirakan cuaca umumnya berawan. Angin bertiup dari arah barat ke utara dengan kecepatan angin 5-20 knot.

Untuk masyarakat di wilayah Jakarta Selatan, BMKG memberi peringatan dini tentang potensi hujan disertai petir dan angin kencang pada sore hari, sedangkan wilayah Jakarta Timur diprakirakan berpotensi hujan di siang hari serta Kepulauan Seribu turun hujan dini hari.

Sementara untuk kawasan Jakarta Pusat dan Jakarta Barat berpotensi cuaca berawan sepanjang hari.

Adapun suhu udara bervariasi antara 24 sampai 31 derajat celsius di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur dengan kelembaban udara yang tinggi antara 80-95 persen di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, serta 80-100 persen  di Jakarta Barat.

Kemudian Jakarta Utara dan Jakarta Pusat memiliki suhu antara 24-30 derajat celsius dan kelembaban udara antara 80-95 persen.

Selanjutnya suhu udara di Kepulauan Seribu antara 26-30 derajat celsius dengan kelembaban udara berkisar 80-95 persen.

Baca juga: Cuaca DKI Jakarta diprakirakan berawan pada Kamis
Baca juga: Cuaca Pelabuhan Jakarta berpotensi cerah berawan

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021