Jakarta (ANTARA) - Festival Film Sundance pada Kamis (9/11) waktu setempat mengumumkan rangkaian film (line-up) yang akan diputar selama perhelatan berlangsung mulai 20 hingga 30 Januari.

Pada tahun ini festival akan memutar 82 film berdurasi panjang yang mewakili 28 negara, naik jika dibandingkan pada tahun lalu yang telah memutar 72 film panjang. Secara keseluruhan, 75 dari 82 film panjang akan ditayangkan perdana di dunia.

Daftar film tersebut dipilih para kurator di festival Sundance dari 14.849 submisi yang masuk, termasuk 3.762 film panjang. Yang terakhir, 1.652 film di antaranya berasal dari Amerika Serikat dan 2.110 film dari luar AS.

Baca juga: Palm Springs International Film Festival dihelat Februari 2021

Baca juga: "Perempuan Tanah Jahanam" tembus Festival Film Sundance 2020


Direktur Pemrograman Festival Film Sundance Kim Yutani mengatakan jumlah submisi pada tahun ini membuktikan bahwa para sineas tetap berhasil membuat karya di tengah tantangan sulit dalam situasi pandemi COVID-19 selama satu setengah tahun terakhir.

“Karya-karya dari para sineas menantang kami untuk melihat dunia melalui lensa yang berbeda dan memeriksa serta mengevaluasi kembali bagaimana kisah-kisah ini mempengaruhi dunia saat ini dan di masa depan,” kata Yutani, dikutip dari Deadline pada Jumat.

Sementara itu, Pendiri dan Presiden Sundance Institute Redford berharap festival ini dapat mendukung serta merayakan karya-karya dari para sineas generasi baru yang banyak inovasi.

“Para sineas ini telah memberikan secercah cahaya melalui masa-masa tergelap dan kami berharap dapat menyambut visi unik mereka ke dunia dan mengalaminya bersama,” kata Redford.

Dari 82 film yang dipilih festival Sundance, 43 film di antaranya disutradarai oleh perempuan, 1 film disutradarai oleh non-biner, 29 film disutradarai oleh orang kulit berwarna, dan 8 film disutradarai oleh LGBTQ+.

Festival Sundance akan memutar sebelas film di malam pembukaan, termasuk “When You Finish Saving the World” yang merupakan debut penyutradaraan Jesse Eisenberg, “Marte Um” (“Mars One”) karya sutradara Brasil Gabriel Martins, dan dokumenter Putri Diana Spencer “The Princess” karya sutradara Ed Perkins.

Film-film dalam program kompetisi drama AS, di antaranya “892” (sutradara Abi Damaris Corbin) yang akan menampilkan mendiang aktor Michael Kenneth Williams berbagi layar dengan John Boyega serta “Cha Cha Real Smooth” (sutradara Cooper Raiff) yang menampilkan Dakota Johnson.

Festival Film Sundance 2022 akan diadakan secara virtual dan langsung di Park City, Salt Lake City, dan Sundance Mountain Resort di Utah, AS. Daftar lengkap film dan program festival dapat dilihat melalui situs resmi Festival Film Sundance.

Baca juga: TikTok bahas perkembangan industri film Indonesia

Baca juga: Sundance Film Festival 2022 wajibkan peserta bawa bukti vaksin

Baca juga: Festival Film Sundance 2021 hanya akan dihelat selama seminggu

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021