Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berhasil menghimpun donasi kemanusiaan hingga Rp5,4 miliar yang diperuntukkan membantu korban terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Alhamdulillah kami dapat menghimpun donasi untuk korban erupsi Semeru sebesar Rp5,4 Miliar dan penggalangan dana ini masih terus berlanjut," ujar Ketua Baznas RI Noor Achmad dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Noor mengatakan dana mencapai Rp5,4 miliar itu berasal dari penggalangan Baznas pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

Penggalangan dana ini dilakukan selama berlangsungnya Rakernas Baznas 2022 Se-Indonesia pada 8 hingga 10 Desember 2021 yang diikuti oleh 150 pimpinan Baznas.

Baca juga: Udinus Semarang salurkan bantuan untuk warga terdampak erupsi Semeru

Noor mengatakan penyerahan dana tersebut akan dilakukan saat melakukan kunjungan ke lokasi terdampak bersama Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam waktu dekat.

"Insya Allah dalam penyaluran donasi kemanusiaan ini, Baznas akan mengikuti kaidah tiga aman yakni aman syar’i, aman regulasi, dan aman NKRI," kata Noor.

Baznas, kata dia, berupaya maksimal untuk melakukan evakuasi dan layanan sosial kepada para korban erupsi Gunung Semeru sejak Sabtu (4/12). Baznas telah membentuk tim respon dari Baznas Tanggap Bencana (BTB) dan tim medis dari Rumah Sehat Baznas (RSB).

"Pendistribusian makanan dan kebutuhan pokok kepada para korban turut menjadi perhatian kami. Terlebih untuk para lansia, ibu hamil, dan para anak yang membutuhkan berbagai perlengkapan kebutuhan," kata Noor.

Baznas juga telah menyiapkan pos layanan kesehatan, pengobatan keliling, mendirikan dapur umum, dapur air, evakuasi dan operasi SAR, aksi resik serta mendirikan Pos Layanan Psikososial Ruang Ramah Anak.

Sebanyak 484 warga yang mengungsi tercatat menerima layanan kesehatan pada Pos Layanan Kesehatan yang dibuka Baznas di Balai Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang. Dapur umum dan dapur air juga jadi perhatian Baznas guna mendukung upaya membantu korban.

Baznasmengajak masyarakat untuk ikut meringankan beban warga terdampak dengan berdonasi melalui Dompet Kebencanaan Baznas, baznas.go.id/donasibencana atau melalui Rekening BSI 9000.055.740, BCA 686.073.7777.

Baca juga: MG Motor salurkan bantuan untuk korban erupsi Semeru
Baca juga: DLH Lumajang bentuk tim tangani sampah di pengungsian Semeru
Baca juga: Pemkab Lumajang mulai petakan tempat relokasi warga terdampak Semeru

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021