SPKLU di Labuan Bajo ini merupakan yang pertama di NTT untuk mendukung terwujudnya electrifying lifestyle di daerah itu
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) mengoperasikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di daerah itu.

"SPKLU di Labuan Bajo ini merupakan yang pertama di NTT untuk mendukung terwujudnya electrifying lifestyle di daerah itu," kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat.

SPKLU di Labuan Bajo ini mengusung konsep pengisian cepat (fast charging) berdaya DC 50 KW dan AC 22 KW, sehingga pengisian energi kendaraan listrik dari 0 persen sampai penuh 100 persen maksimal dalam waktu 2 jam, yang disesuaikan kapasitas baterai kendaraan listrik pengguna.

Ia menjelaskan SPKLU yang terletak di lapangan parkir Wisata Kampung Ujung, Kota Labuan Bajo itu juga menggunakan konsep self service yaitu pengguna SPKLU dapat melakukan pengisian baterai kendaraan listrik sendiri sesuai dengan petunjuk yang ada.

Bob Saril mengatakan kehadiran SPKLU juga untuk mendukung sektor usaha penyedia kendaraan listrik dalam menyediakan kendaraan listrik di Labuan Bajo sebagai daerah unggulan yang terkenal dengan destinasi Taman Nasional Komodo.

Selain itu juga untuk mendukung Program Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Labuan Bajo, yang salah satunya mencanangkan penggunaan energi bersih dan kendaraan listrik untuk menyambut kegiatan besar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 2022.

Bob Saril berharap, keberadaan SPKLU pertama di NTT ini mampu mendorong penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai secara masif terutama di Labuan Bajo.

Ia menambahkan, ke depan PLN akan terus menambah titik lokasi SPKLU di NTT, sehingga keberadaan fasilitas pengisian energi kendaraan listrik lebih merata dan menciptakan daya tarik masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik.

"Kami akan terus menambah titik SPKLU di NTT seperti di Kota Kupang, Ende, Maumere dan Kota Waingapu untuk mendukung menciptakan ekosistem kendaraan listrik, sehingga pertumbuhan penggunaan kendaraan listrik akan lebih cepat nantinya," katanya.

Baca juga: PLN Bali sediakan stasiun pengisian daya kendaraan listrik
Baca juga: Pameran kendaraan listrik IEMS 2021 dihadiri 15.000 pengunjung
Baca juga: Toyota dilaporkan bermitra dengan BYD China bangun mobil listrik

 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021