Bantuan tahap pertama ini berupa paket sembako, celana dalam, sandal jepit, alat mandi
Surabaya (ANTARA) - Kanwil Kemenkumham Jawa Timur dan jajarannya melalui Program Kumham Peduli Erupsi Semeru, mengirimkan satu truk bantuan tahap pertama kepada para korban bencana peningkatan aktivitas Gunung Semeru.

Kepala Kanwilkumham Jatim Krismono dalam keterangan tertulis di Surabaya, Jumat mengatakan bantuan itu diserahkan langsung oleh kepala UPT Kemenkumham di Korwil Malang.

"Bantuan secara simbolis disampaikan kepada Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik, M. Wawan Hadi S di Posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Gedung Olah Raga Wira Bhakti Lumajang," katanya.

Bantuan tahap pertama ini, kata dia, berupa paket sembako, celana dalam, sandal jepit, alat mandi.

"Selain itu, kami juga mengirimkan masker dan uang tunai untuk operasional," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk nyata wujud bakti Kemenkumham kepada masyarakat terdampak erupsi.

Dia berharap bantuan tersebut bisa bermanfaat dan disalurkan kepada yang berhak menerimanya.

"Semoga bantuan kami ini bisa mengurangi sedikit beban masyarakat terdampak dan meringankan beban Pemerintah Kabupaten Lumajang," katanya.

Ia menambahkan bahwa bantuan ini bukanlah yang terakhir karena saat ini pihaknya masih menghimpun dana sosial yang berasal dari pegawai.

Menurutnya, solidaritas yang ditunjukkan jajarannya sangat tinggi.

"Yang kami salurkan dalam tahap I ini belum sampai sepertiganya, nanti akan kami terus salurkan sesuai kebutuhan yang diminta BPBD Lumajang," katanya.

Di sisi lain, ia  mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada jajaran Kemenkumham. Menurutnya, kebutuhan pengungsi memang berbeda-beda menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan masing-masing pengungsi.

'Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan mengurangi beban masyarakat terdampak dan bisa membantu memulihkan kondisi ekonomi maupun psikologis pengungsi," demikian Krismono.

Baca juga: Baznas himpun donasi hingga Rp5,4 miliar untuk bantu korban Semeru

Baca juga: Relawan Airlangga salurkan 2.000 paket sembako buat korban Semeru

Baca juga: PKS Jatim buka posko pengungsian untuk korban terdampak Semeru

Baca juga: DPP KNPI salurkan paket bantuan bagi warga terdampak erupsi Semeru


 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021