Lumajang (ANTARA) - Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) menggalang aksi sosial peduli untuk warga terdampak awan panas guguran Gunung Semeru dengan menyalurkan bantuan langsung ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Bantuan yang kami bawa berasal dari donasi para alumni, masyarakat umum dan perusahaan swasta yang tergugah hatinya untuk ikut membantu para korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang," ujar Juru Bicara Posko IKA Unair Peduli, Mimik Lestari di Lumajang, Jumat.

Baca juga: Air bersih hingga pakaian dalam jadi kebutuhan mendesak korban Semeru

Baca juga: Hari ketujuh bencana Gunung Semeru, 45 orang ditemukan meninggal


Selain mengirimkan bantuan, IKA Unair bersama Fakultas Kedokteran Unair dan Tim Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA) membuka posko peduli bencana di rumah salah satu alumnus Unair di Dusun Krajan, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Melalui posko peduli ini, bantuan dari para alumni Unair dan masyarakat umum akan disalurkan ke beberapa titik lokasi pengungsian bencana alam Gunung Semeru.

Posko IKA Unair Peduli, kata Mimik, akan berfungsi sebagai tempat pelayanan kesehatan dan penyaluran bantuan bagi warga terdampak musibah sekaligus sebagai tempat untuk menerima penyaluran donasi bantuan dari masyarakat umum dan perusahaan swasta.

"Bagi warga terdampak yang memiliki keluhan kesehatan silahkan datang ke Posko IKA Unair Peduli untuk diobati oleh para tenaga kesehatan yang dihadirkan langsung dari Fakultas Kedokteran Unair, " terangnya.

Ia menambahkan bahwa operasional posko akan berjalan hingga masa darurat berakhir.

Sementara itu, salah satu dari sekian perusahaan swasta yang menyalurkan bantuannya melalui Posko IKA Unair Peduli, yakni PT BISI telah menitipkan paket bantuan berupa permakanan, perlengkapan bayi, selimut, obat tetes mata dan masker.

Baca juga: IDAI siagakan relawan dokter spesialis anak di daerah bencana Semeru

"Hari ini PT BISI hadir menitipkan bantuan kepada Ibu Khofifah selaku Ketua Umum IKA Unair sekaligus Gubernur Jatim di Posko IKA Unair Peduli Erupsi Gunung Semeru berupa 200 karton susu, 200 selimut, 100 karton obat tetes mata, 200 karton masker dan 500 paket makanan siap saji," kata Head of Personalia & General Affair Factory and Farm PT BISI, Muhammad Maulidana.

Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu meringankan para korban atau warga yang terdampak Gunung Semeru di Lumajang.

"Infonya Tim Posko IKA Unair Peduli telah melakukan pendataan kebutuhan warga yang terdampak, kami berharap bantuan kami dapat disalurkan secara cepat dan tepat sasaran bagi warga yang membutuhkan," tutur dia.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021