saat ini telah berkurang lagi delapan orang dan hanya tinggal tersisa 32 orang
Samarinda (ANTARA) - Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang masih menjalani perawatan dan isolasi di Provinsi Kalimantan Timur tersisa 32 orang berdasarkan pembaruan data kasus harian pada Jumat.

Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak menjelaskan pada Jumat telah terjadi penambahan sembilan kasus kesembuhan dan satu orang pasien terkonfirmasi positif.

"Sehari sebelumnya pasien terkonfirmasi positif tersisa 40 orang, saat ini telah berkurang lagi delapan orang dan hanya tinggal tersisa 32 orang," kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Baca juga: KKP: 20 ABK kapal asal Vietnam positif COVID-19 di Muara Berau

Andi menjelaskan untuk status wilayah di Kaltim tiga Kabupaten yakni Mahakam Ulu, Kutai Kartanegara dan Panajam Paser Utara masih bertahan di zona hijau atau zero kasus.

Sedangkan tujuh wilayah lainnya yakni Kabupaten Berau, Paser, Kutai Barat, Kutai Timur, Kota Samarinda, Balikpapan dan Bontang berstatus zona kuning.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Kaltim bertambah lima orang

"Dua wilayah yakni Bontang dan Kutai Timur jumlah pasien positif yang menjalani perawatan kurang dari 12 orang, sedangkan lima wilayah lainnya berpotensi masuk zona hijau dengan pasien positif yang dirawat kurang dari lima orang," beber Andi.

Ia mengatakan jumlah keseluruhan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 se- Kaltim sebanyak 158.271 kasus, dan yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 152.787 kasus.

Baca juga: Dua wilayah Kaltim masuk zona hijau COVID-19

"Untuk kasus meninggal dunia tidak terjadi penambahan kasus baru sehingga jumlah kasus meninggal dunia akibat virus corona di Kaltim masih dalam angka 5.452 kasus," jelas Andi.

Andi terus mengingatkan pentingnya melaksanakan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari- hari, khususnya menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

"Kami berharap masyarakat semakin peduli dengan protokol kesehatan meski perkembangan kasus terus menurun, ingat pandemi belum berakhir dan setiap hari masih ditemukan kasus baru," tegas Andi Muhammad Ishak.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Kaltim tersisa 73 orang


 

Pewarta: Arumanto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021