Sumedang (ANTARA) - Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menyalurkan bantuan paket pangan dan kebutuhan lainnya untuk meringankan beban masyarakat yang menjadi korban bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Bantuan sudah kami serahkan kepada Ibu Wabup di Kabupaten Lumajang, kami serahkan 75 karung beras, 150 dus biskuit, 150 dus mi instan, 150 dus susu UHT, 150 buah selimut, dan 100 dus pampers," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan IPDN, Ismail Nurdin melalui siaran pers di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu.

Ia menuturkan bantuan dari IPDN itu merupakan wujud perhatian terhadap korban bencana alam dengan memberikan bantuan yang dibutuhkan pengungsi.

Baca juga: LPEI salurkan bantuan bagi korban erupsi Gunung Semeru

Ragam bantuan itu, kata dia, diberikan kepada Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati Masdar dan perwakilan masyarakat korban erupsi Gunung Semeru.

"Sisanya kami berikan langsung kepada camat dan perwakilan masyarakat terdampak di Kecamatan Candipuro 1," katanya.

Ia menyampaikan bantuan dari seluruh sivitas akademika IPDN itu sebagai bentuk turut berduka dan berbelasungkawa atas bencana erupsi Gunung Semeru yang menimpa masyarakat di Lumajang.

Ia berharap masyarakat yang terdampak bencana alam itu bisa kembali sehat dan segera bangkit melakukan aktivitas seperti biasa.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati Masdar menyampaikan terima kasih perhatian dari IPDN yang memberikan bantuan untuk masyarakat terdampak bencana letusan Gunung Semeru.

"Kami memohon doa kepada keluarga IPDN dan seluruh saudara-saudara di Jatinangor dan kampus-kampus IPDN lainnya agar kami sesegera mungkin dapat bangkit dari bencana ini," katanya.

Baca juga: Pemprov Kalteng serahkan bantuan Rp7,5 miliar dampak erupsi Semeru

Baca juga: Baznas himpun donasi hingga Rp5,4 miliar untuk bantu korban Semeru

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021