Jakarta, 10/5 (ANTARA) - Sebagai tindak lanjut dari diterbitkannya Keppres No.9/2011 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Sail Wakatobi Belitong (SWB) 2011. Dalam Keppres tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad ditunjuk sebagai ketua pelaksana, dan Menko Kesra, Agung Laksono duduk sebagai ketua panitia pengarah. "Rakor ini merupakan tindak lanjut dari terbitnya Keppres sehingga kegiatan SWB dapat berjalan lebih baik dari pelaksanaan sail-sail sebelumnya", ucap Agung saat membuka Rakor SWB 2011  hari ini (10/5) di Kantor Menko Kesra Jakarta.

     Pelaksanaan SWB 2011 yang akan dipusatkan di dua lokasi, yaitu Wakatobi Propinsi Sultra dan Belitung Propinsi Babel  memiliki 4 (empat) tujuan ungkap Fadel.  Pertama, menggalang keterpaduan dalam pemanfaatan potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kedua, menjadikan Wakatobi dan Belitung sebagai destinasi wisata nasional dan internasional. Ketiga, menciptakan the best sailing passage. Keempat, menjadikan potensi KP Sulawesi Tenggara dan Bangka Belitung sebagai sumber penghidupan rakyat dan sumber pembangunan daerah yang berkelanjutan.

     Dalam Rakor ini disepakati tema sail tahun ini  adalah "clean ocean for the future" dengan 6 (enam) kegiatan utama, yaitu: yacht rally and yacht race, operasi Bhakti Surya Baskara Jaya dan ICM, seminar nasional dan internasional, lintas nusantara remaja dan pemuda bahari, sea food and fish product expo, dan puncak acara akan dilaksanakan di 2 (dua) tempat, yaitu di Wakatobi pada minggu ketiga Agustus 2011 dan Belitong pada minggu kedua Oktober 2011 yang akan dihadiri oleh Presiden RI. Disamping menggelar beberapa kegiatan utama, sail kali ini juga akan menggelar beberapa kegiatan pendukung, seperti pernikahan masal bawah air, kejurnas selam, kejurnas layar, festival olahraga tradisional, bersih pantai dan laut, serta festival seni dan budaya tradisional.

     Pelaksanaan  launching secara nasional sebagai tanda dimulainya SWB 2011 sendiri akan dilaksanakan pada awal Juni 2011 di Jakarta. Sementara itu, pelaksanaan   flag off sendiri sebagai awal pelaksanaan yatch rally and yacht race akan dilakukan di Darwin pada tanggal 23 Juli 2011. "Panitia menargetkan kegiatan ini akan diikuti 200 peserta karena saat ini sebanyak 70 peserta telah mendaftarkan diri", lanjut Fadel saat memaparkan persiapan SWB 2011 dalam Rakor.

     Kegiatan Rakor tingkat menteri SWB 2011 dihadiri Menko Kesra, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Sosial, Menteri Agama, Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Gubernur Sulawesi Tenggara, Gubernur Bangka Belitung, Asop TNI AL dan perwakilan dari kementerian lainnya sebagaimana tersebut dalam Keppres No.9/2011.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Dr. Yulistyo Mudho, M.Sc, Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (HP. 0811836967)

Pewarta: Masnang
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011