Ini juga sebagai tindak lanjut penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov Jatim dan Rumah Perubahan dalam rangka pengembangan Kompetensi ASN yang CETTAR...
Surabaya (ANTARA) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jawa Timur melakukan kolaborasi dengan "Rumah Perubahan" milik Prof Rhenald Kasali sebagai upaya persiapan menuju "Jatim Corporate University" pada 2022.

Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai ketika dihubungi dari Surabaya, Sabtu, menyampaikan bahwa kolaborasi dilakukan dalam bentuk diskusi dengan tim Rumah Perubahan di Bekasi, Jawa Barat.

"Ini juga sebagai tindak lanjut penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov Jatim dan Rumah Perubahan dalam rangka pengembangan Kompetensi ASN yang CETTAR, yaitu Cepat, Efektif, Efisien, Tanggap, Transparan, Akuntabel dan Responsif," ujarnya.

Baca juga: Pemprov-KemenPANRB-LAN bentuk "Jatim CorpU" wujudkan ASN kelas dunia

BPSDM Jatim, kata di, terus melakukan peningkatan berbagai program pengembangan pelatihan yang akan diikuti ASN dengan harapan pola-pola pembelajaran terintegrasi melalui Jatim Corporate University dapat terlaksana di tahun 2022.

"Perangkat daerah bersama Pejabat Tinggi Pratama dapat memposisikan diri untuk membantu ASN bekerja lebih kreatif dan inovatif dalam menjalankan tugas-tugasnya, terutama menjalankan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim," ucapnya.

Menurut dia, masih banyak pekerjaan rumah dari BPSDM Jatim yang harus menyiapkan program-program pelatihan lebih smart dan menarik untuk diikuti para ASN.

Utamanya, tentang bagaimana ASN dapat mengakses berbagai program pengembangan kompetensi dari produk-produk pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif melalui pembelajaran digital.

"BPSDM Jatim sangat berharap Rumah Perubahan lebih banyak memberikan kontribusi untuk pengembangan Kompetensi ASN Jatim melalui berbagai konsep metode pembelajaran yang kreatif, menarik dan diminati.

Termasuk bagaimana menyiapkan strategi pelatihan yang memudahkan para ASN untuk lebih memahami pentingnya pengembangan kompetensi ke depan," tutur Aries.

Baca juga: Sekjen DPR terima penghargaan penerapan sistem merit manajemen ASN

Sementara itu, Tim Rumah Perubahan mendukung keinginan BPSDM Jatim dan berharap manfaat dari kerja sama ini akan ada banyak hal yang bisa dikembangkan bersama.

Salah satunya, lanjut Aries, menyiapkan beberapa materi atau modul pelatihan kepemimpinan dan pelatihan lainnya agar para ASN Jatim lebih bersemangat untuk mengikuti berbagai program.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021