Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI kembali menggelar turnamen lari jalan raya Jakarta International 10K yang menjadi bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun Jakarta ke-484, 5 Juni mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Ratiyono di Jakarta, Selasa, mengatakan pelaksanaan Jakarta International 10K kali ini merupakan yang kedelapan kalinya. Dan pada turnamen ini akan memperebutkan total hadiah Rp600 juta.

"Semua persiapan telah dilakukan. Yang jelas kami ingin membuktikan jika Jakarta adalah kota yang aman bagi semua," katanya.

Menurut dia, untuk menggelar turnamen yang ditargetkan mampu menjaring peserta sebanyak 32 ribu itu pihaknya menggandeng beberapa sponsor yang salah satunya adalah Milo.

Selain membidik pelari-pelari handal dari tanah air, kata dia, pihaknya juga akan mendatangkan pelari-pelari top dunia. Selain pelari yang telah punya nama pihaknya juga memberikan kesempatan kepada masyarakat umum maupun pelajar untuk berpartisipasi.

"Untuk pelari internasional kami masih menunggu konfirmasi resmi. Yang jelas undangan telah kami sebarkan," katanya menambahkan.

Ia menjelaskan, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan pendaftaran akan dibuka mulai 20-30 Mei nanti. Adapun lokasi pendaftaran adalah Sekretariat Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Ditanya siapa saja pelari asing yang akan diundang, Ratiyono menjelaskan bahwa pelari kelas dunia yang dibidik diantaranya pelari-pelari yang pada tahun lalu juga ikut dalam turnamen yang digelar di Silang Barat Daya Monas Jakarta Pusat itu.

"Banyak yang kami undang, salah satunya adalah pelari yang sukses memenangkan lomba Jakarta International 10K 2010 baik putra dan putri," katanya menegaskan.

Untuk rute lari, kata dia, sama dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu peserta akan mengambil start di Silang Monas Barat Daya selanjutnya menyusuri Jalan MH Thamrin, Bundaran HI, Jalan Jendral Sudirman, kemudian berputar di (depan ex. pom bensin) Semanggi, dan kembali ke Jalan Jendral Sudirman, Bundaran HI, Jalan MH Thamrin dan finis di Silang Monas Barat Daya.

Berikut hasil Jakarta International 10K 2010:



Kelompok Elite Putra

1. Titus Kwemoi Masai (Kenya) 28:21

2. Martin Kityo Toroitichi (Uganda) 28:34

3. Henry Kipsigei Chirchir (Kenya) 28:38

4. Charles Wachira Maina (Kenya) 29:03

5. Hiroki Kadota (Jepang) 29:03



Kelompok Elite Putri

1. Gladys Jepkoskei (Kenya) 33:50

2. Tatiana Aryasova (Russia) 33:52

3. Triyaningsih (Indonesia) 34:12

4. Sayaka Maeda (Jepang) 36:28

5. Svetlana Semova (Russia) 36:46 (B016/R010/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011