Kedua vaksin booster, yakini Pfizer dan Moderna, bisa meningkatkan reaksi imunitas secara substansial dan tampak efektif kendati ada penurunan dibandingkan dengan Delta,
London (ANTARA) - Inggris pada Minggu (12/12) meningkatkan peringatan soal COVID-19 seiring dengan penyebaran virus varian Omicron yang begitu cepat.

Sementara itu, badan kesehatan Inggris memperingatkan bahwa jumlah orang yang perlu dirawat di rumah sakit kemungkinan akan meningkat tajam dalam pekan-pekan mendatang.

Para kepala badan kesehatan Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara telah menyarankan pemerintah menaikkan peringatan dari Tingkat 3 ke Tingkat 4 --dari total 5 tingkat.

Artinya, mereka beranggapan bahwa tingkat penyebaran virus tersebut tinggi.

Baca juga: 633 kasus baru Omicron ditemukan di Inggris

"Bukti awal menunjukkan bahwa Omicron menyebar jauh lebih cepat daripada Delta dan bahwa perlindungan vaksin terhadap penyakit bergejala yang ditimbulkan Omicro menurun," kata para kepala badan kesehatan itu melalui pernyataan bersama.

"Data soal tingkat keparahan menjadi jelas dalam pekan-pekan ke depan ini, namun kasus rawat inap akibat Omicron sudah bermunculan dan tampaknya akan bertambah dengan cepat."

"Kedua vaksin booster, yakini Pfizer dan Moderna, bisa meningkatkan reaksi imunitas secara substansial dan tampak efektif kendati ada penurunan dibandingkan dengan Delta," kata mereka.

Level peringatan tertinggi --Tingkat 5-- berarti bahwa layanan kesehatan berisiko berada dalam keadaan kewalahan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Inggris catat lonjakan harian tertinggi 633 kasus varian Omicron

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021