New York (ANTARA News) - Pemerintah Amerika Serikat dan AIG pada Rabu mengumumkan rencana untuk menjual saham senilai sekitar sembilan miliar dolar AS di raksasa asuransi yang menerima dana talangan (bailout), untuk mempercepat perusahaan kembali ke kepemilikan swasta.

Departemen keuangan akan menjual 200 juta saham dan 100 juta saham AIG dengan total 8,9 miliar dolar AS berdasarkan nilai pasar saat ini.

Penjualan tersebut akan lebih kecil dari beberapa laporan yang telah usulkan. Harga saham AIG yang rendah saat ini tampaknya telah memainkan peran. Harga saham rendah AIG saat ini melayang dekat posisi terendah tahunan sebesar 29,62 dolar AS per saham.

Asuransi terbesar di dunia, AIG, menerima lebih dari 180 miliar dolar dari pemerintah untuk membantu menutupi investasi yang menghilang di tengah runtuhnya gelembung real estat AS.

Sejak itu telah menjual unit AIA dan Metlife untuk membayar utang kepada pemerintah AS.

Selain itu, "AIG berniat untuk menggunakan 550 juta dolar AS dari penerimaan bersih dari penawaran ini untuk mendanai bagian dari penyelesaian litigasi (proses pengadilan) yang diungkapkan sebelumnya," kata perusahaan dalam sebuah pernyataan.

AIG tidak mengungkapkan apa litigasi itu, demikian AFP melaporkan. (A026/M012/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011