Madrid (ANTARA News) - Barcelona tampil sebagai juara kompetisi Liga Spanyol untuk ketiga kalinya berurutan setelah bermain imbang 1-1 di Levante, Rabu. Ini merupakan gelar domestik ke-21 kalinya bagi Barca dengan sisa dua pertandingan lagi.

Barcelona hanya butuh satu poin untuk mempertahankan gelar dan mereka akhirnya menjadi tim pertama yang memenangi tiga gelar berurutan sejak 1993, ketika tim Johan Cruyff Barcelona `Dream Team` menang untuk ketiga kalinya berurutan dari empat kemenangan yang disandang mereka.

Pemain tengah dari Mali Seydo Keita menggebrak pada menit ke-27 ketika membuahkan gol untuk Barcelona, tetapi striker dari Ekuador Felipe Caicedo menyamakan kedudukan pada menit ke-40, namun hasil seri itu tidak masalah, karena satu poin sudah cukup bagi tim Catalan itu untuk meraih gelar juara musim ini.

"Rasanya amat indah bila memenangi gelar dan pendukung kami pantas mendapatkan ini," kata pemain tengah Xavi.

"Saya membayangkan kami akan merayakan kemenangan ini malam ini di tengah jalan-jalan di Barcelona," katanya.

Barcelona tetpaut enam angka dari tim urutan kedua Real Madrid dan mereka mendapatkan piala itu dengan catatan keunggulan besar dengan saingan utama mereka itu.

Pelatih Pep Guardiola memenangkan gelar itu dalam tiga musim kepemimpinannya dalam klub itu dan kini memusatkan perhatian untuk meraih gelar ganda Liga Champions dengan melawan Manchester United di Stadion Wembley pada 28 Mei.

"Memenangi gelar juara selalu sukar dan kali ini juga terasa amat berat seperti ketika melawan tim lainnya," k ata Guardiola, "Kami sekarang dapat menikmati kerja keras selama ini."

Kemenangan Real Madrid 4-0 atas Getafe di Santiago Bernabeu Selasa, menyebabkan Barcelona harus mengakhiri pekerjaan mereka dalam memburu gelar itu dengan bekerja sendiri.

Guardiola berjanji tidak akan mengistirahatakan pada pemain bintangnya dan hal itu terbukti di lapangan dengan tampilnya Lionel Messi, David Villa dan Xavi, sedangkan Andres Iniesta mengalinya dari bangku cadangan.

Pemain internasional Prancis Eric Abidal mengawali permainan di posisi bek kiri, untuk pertama kali menginjak rumput sejak berhasil menjalani operasi tumor hati.

Pada pertandingan lain, Valencia bermain imbang 2-2 di Espanyol.

Ernesto Galan mencetak gol pada menit ke-76 untuk menyamakan angka bagi Espanyol sehingga berhak atas satu poin dan meninggalkan Valencia yang lima poin di atas tim urutan keempat Villarreal, yang membutuhkan satu poin dari sisa dua pertandingan untuk naik ke urutan ketiga dan otomatis ke kompetisi Liga Champions.

Villarreal imbang 0-0 dnegan tim degradasi Almeria pada laga Rabu dan berhak atas posisi keempat dan mengikuti babak penyisihan Liga Champions.

Di papan bawah, tim yang baru dipromosikan Hercules, satu dari dua tim yang mengalahkan Barcelona musim ini, terdegradasi setelah main imbang 2-2 di kandang atas Real Mallorca, Rabu.

Hercules memimpin 2-0 tetapi dua gol dalam empat menit pada babak kedua yang menemus gawang mereka, membuat tim itu terpaut enam poin dari titik aman dan menyebabkan mereka mengikuti Almeria terdegradasi dari kompetisi elit negara itu.

Sedangkan Real Zaragoza berada di urutan ketiga dari bawah, satu poin dari titik aman, setelah mengalami kalah menyakitkan 1-2 atas Real Sociedad.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011