Bandung (ANTARA News) - PT Kereta Api (PTKA) Daop II Bandung menyiapkan sejumlah kereta untuk mengantisipasi lonjakan penumpang berkaitan dengan Hari Raya Waisak yang menjadi "libur panjang" pada akhir pekan ini.

"Diperkirakan penumpang KA meningkat 20 persen pada Jumat hingga Selasa mendatang. Kami siapkan sejumlah kereta untuk menambah kapasitas yang ada," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung, Bambang Setya Prayitno di Bandung, Jumat.

Peningkatan jumlah penumpang tidak hanya ke jurusan timur, namun juga diprediksi ke jurusan barat atau tujuan Jakarta.

"Okupansi rute Bandung-Jakarta juga sudah menunjukkan peningkatan, sehingga seluruh KA saat ini akan mengalami peningkatan okupansi penumpang pada libur akhir pekan ini," kata Bambang.

Bambang memprediksi, lonjakan penumpang dari Stasiun Bandung dan Kiaracondong ke jurusan timur diprediksi terjadi pada Jumat dan Sabtu esok hari, sedangkan arus balik diprediksi puncaknya pada Selasa (17/5).

"KA Argo Wilis, Turangga dan Lodaya sudah penuh, dan perjalanan Jumat sore ini dilakukan penambahan kereta, dua hingga tiga kereta," kata Bambang.

Penambahan kereta itu, kata Bambang sudah merupakan prosedur tetap untuk mengantisipasi hari-hari libur, terutama "libur kejepit" seperti yang terjadi pada akhir pekan ini.

Sementara itu untuk mengantisipasi gangguan di perjalanan akibat bencana alam longsor atau amblasan, PTKA Daop II Bandung mengoptimalkan pengawasan jalur rel terutama di titik-titik rawan longsor, banjir maupun di sejumlah jembatan KA.(*)

(T. S033/S019)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011