Perguruan Tinggi Indonesia Gelar Pameran di Malaysia

Kuala Lumpur (ANTARA News) - Sebanyak 20 perguruan tinggi negeri dan swasta Indonesia akan mengadakan pameran pendidikan untuk menarik lebih banyak pelajar Malaysia melanjutkan pendidikan di Indonesia yang secara budaya, agama, dan bahasa memiliki kemiripan.

"Sebanyak 20 perguruan tinggi di Indonesia akan berpameran di Kuala Lumpur pada 19-21 Mei," kata Kepala Bidang Penerangan, Sosial dan Budaya Kedutaan Besar Republik Indonesia (Pensosbud KBRI) Malaysia Suryana Sastradiredja saat dijumpai di Kuala Lumpur, Jumat.

Pameran ini merupakan kegiatan dari Kementerian Pendidikan Nasional yang bertujuan lebih memperkenalkan dunia pendidikan Indonesia yang belum diketahui secara luas oleh masyarakat Malaysia khususnya para calon mahasiswa yang baru menyelesaikan jenjang pendidikan sekolah menengah atas.

"Pameran ini suatu kesempatan yang baik untuk memperkenalkan kepada masyarakat di negeri ini bahwa kualitas perguruan tinggi di Indonesia juga tidak kalah dengan negara maju sekalipun," katanya.

Melalui pameran ini, lanjut dia, pihaknya juga bisa menjelaskan bahwa kualitas bidang studi lainnya di luar kedokteran dan farmasi yang selama ini menjadi incaran mereka, juga memiliki standar kualitas yang tinggi.

Pameran pendidikan ini diharapkan menambah pengetahuan masyarakat Malaysia bahwa belajar di Indonesia tidak kalah dengan negara lain, bahkan memiliki sejumlah kemudahan karena kemiripan bahaa, budaya dan agama.

Di samping itu, lanjut Suryana, melalui pameran ini juga bisa disampaikan bahwa biaya kehidupan seperti untuk sewa kos, makan, ataupun transportasi cukup terjangkau dan mudah diperoleh.

"Tentunya biaya hidup di Indonesia cukup terjangkau, apalagi bila mereka menjalankan pendidikan di luar Kota Jakarta sehingga hal tersebut juga bisa menjadikan pertimbangan,` ungkapnya.

Mengenai pemilihan waktu pameran, menurut dia, cukup tepat mengingat sejalan dengan perubahan waktu sistem tahun ajaran baru di negeri ini yang menyerupai di Tanah Air.

"Di sini tahun ajaran baru jatuh pada September. Dengan perubahan waktu tahun ajaran baru di sini yang hampir bersamaan dengan Indonesia diharapkan pameran kali ini bisa menarik para lulusan sekolah menengah untuk meneruskan pendidikan ke Indonesia," ungkapnya.

Sebanyak 20 perguruan tinggi yang berpameran tersebut adalah Universias Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Sebelas Maret, Universitas Andalas (Unand), Institut Manajemen Telkom Bandung.

Lalu, Universitas Mulawarman, Universitas Parahyangan, Universias Riau, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Mustopo Beragama, Universitas Negeri Yogyakarta dan Politeknik Manufaktur Bandung serta Universitas Pasundan.(*)

(T.N004/N002)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

BNN bongkar peredaran narkoba internasional Malaysia - Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar