Yogyakarta (ANTARA News) - PT Kereta Api Daerah Operasional (DAOP) VI Yogyakarta menyiapkan kereta api tambahan untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang pada libur panjang ini.

"Kereta api tambahan tersebut akan dijalankan pada Selasa malam (17/5, yaitu Argo Dwipangga Ekstra dari Solo Balapan menuju Jakarta Gambir," kata Kepala Humas PT KA Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, kereta api tambahan tersebut akan dijalankan sekitar pukul 21.00 WIB dari Stasiun Solo Balapan dan mampu mengangkut sekitar 400 penumpang.

"Pada Selasa juga diperkirakan menjadi puncak kepadatan penumpang, karena seluruh masyarakat yang semula berlibur di Yogyakarta atau sekitarnya memilih pulang pada hari itu," katanya.

Kereta api tambahan tersebut dijalankan karena sejumlah kereta api reguler yang melayani penumpang tujuan Jakarta telah penuh seperti Argo Lawu, Argo Diwpangga, Taksaka Pagi, Taksaka Malam, Senja Utama Yogyakarta, dan Senja Utama Solo.

Eko juga mengatakan terjadi peningkatan jumlah penumpang sejak Sabtu sebesar 30 persen dibanding hari biasanya yaitu menjadi sekitar 10.000 orang per hari.

"Jika seluruh penumpang yang turun di Solo, Wates dan Yogyakarta dijumlahkan, maka ada sekitar 10.000 orang, tetapi yang turun di Stasiun Tugu diperkirakan mencapai 5.000 orang per hari," katanya.(*)

E013/E005

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011