Karanganyar (ANTARA) - Komandan Komando Pendidikan dan Latihan TNI AU, Marsekal Madya TNI Tatang Harlyansyah, menutup pendidikan Sekolah Pembentukan Bintara angkatan ke-39 TNI AU, di lapangan Dirgantara Pangkalan Udara TNI AU Adi Soemarmo, Karanganyar, Rabu.

Pada acara penutupan pendidikan Sekolah Pembentukan Bintara A ke-39 TNI AU itu dipimpin langsung Harlyansyah selaku inspektur upacara dan diikuti 251 siswa peserta dari berbagai korps TNI AU.

Ia mengatakan pendidikan Sekolah Pembentukan Bintara TNI AU merupakan dari tamtama yang sudah memenuhi persyaratan untuk mengikuti pendidikan menjadi bintara.

Baca juga: 480 bintara karir baru TNI AU dilantik

Pendidikan Sekolah Pembentukan Bintara TNI AU Angkatan ke-39 diikuti 251 siswa yang terdiri dari beberapa korp, antara lain Polisi Militer, Pasukan, Teknik, Elektronika, Perbekalan, Kesehatan, Administrasi, Tata Usaha, Satuan Musik, dan PLLU. Mereka menempuh pendidikan di Skuadron Pendidikan 403 Pangkalan Udara TNI AU Adi Soemarmo, selama tiga bulan.

Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada siswa Sekolah Pembentukan Bintara A-39 TNI AU yang telah menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan dengan baik dan lancar serta telah resmi menyandang pangkat bintara TNI AU, yaitu sersan dua.

Baca juga: Komandan Kodiklatau lantik 469 prajurit bintara TNI-AU

Selain itu, dia juga memberikan ucapan selamat kepada Sersan Dua Suparno asal satuan Pusdiklat Pasukan Khas TNI AU yang mendapat predikat sebagai lulusan terbaik siswa Sekola Pembentukan Bintara ke-39 TNI AU.

Harlyansyah mengharapkan bahwa bekal pengetahuan dan keterampilan yang telah diterima selama pendidikan harus selalu diasah dan ditingkatkan serta dikembangkan, dengan terus belajar, belajar, dan belajar.

Baca juga: TNI AU lantik 227 bintara remaja

Oleh karenanya, dia meminta siswa lulusan Setukba angkatan ke-39 kembali bertugas di kesatuan masing-masing, terus tumbuhkan semangat, motivasi dan bangun karakter disiplin serta loyalitas terhadap organisasi sebagai bentuk tanggung jawab profesi. Sehingga, tugas satuan dapat dilaksanakan dengan baik.

Sementara itu, usai acara upacara penutupan pendidikan Sekolah Pembentukan Bintara Angkatan 39 TNI AU juga dimeriahkan atraksi dalam operasi pasukan pembebasan sandera oleh siswa lulusan Setukba dan dilanjutkan peragaan yel-yel sebagai prajurit TNI AU. 

Baca juga: Penerimaan prajurit TNI AU prioritaskan putra daerah

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021