Karanganyar (ANTARA) - Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Andjar Sungkowo melantik sebanyak 469 Bintara TNI AU di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Karanganyar, Jateng, Rabu.

Pada upacara penutupan pendidikan, pelantikan, dan pengambilan sumpah siswa sekolah pertama bintara (Semaba) prajurit karier (PK) pria dan Wanita TNI AU angkatan 43 tersebut dipimpin langsung oleh Dankodiklatau Marsekal Muda TNI Andjar Sungkowo.

Menurut Dankodiklatau, jumlah 469 bintara tersebut terdiri dari 420 bintara pria dan 49 bintara wanita AU (Wara). Para mantan siswa Semaba TNI AU angkatan 43 ini, telah menempuh pendidikan selama lima bulan.

Dankodiklatau menjelaskan, untuk pendidikan Semaba Bintara PK pria dilaksanakan di Skadik 403 Lanus Adi Soemarmo, sedangkan Semaba PK wanita di Skadik 105 Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta.

Para Bintara TNI AU di Skadik tersebut digembleng, ditempa dari masyarakat sipil menjadi prajurit TNI AU yang profesional, militan, dan inovatif, katanya.

Dankodiklatau mengatakan dengan telah dilantikan sebagai sebagai bintara prajurt karier TNI AU ini, merupakan puncak dan perjuangan maksimal yang telah dilaksanakan para bintara selama pengikuti pendidikan di Skadik 403 Adi Soemarmo Surakarta, dan Skadil 105 Lanud Adi Sitjipto Yogyakarta.

Oleh karena itu, kata Dankodiklatau, dalam upaya meningkatkan profesionalisme sebagai prajurit karier, para bintara dituntut untuk senantiasa belajar dan berlatih guna meningkatkan kapasitas, kapabilitas, intergritas, dan kesehatan jasmani yang prima.

"Para bintara agar senantiasa siap sedia menghadapi tugas-tugas ke depan," katanya.

Menurut dia, jadikan intergritas, profesionalime, disiplin, loyalitas, moral, dan etika sebagai tolak ukur dalam melaksanakan tugas.

Pada cara pelatihkan 459 bintara angkatan 43 TNI AU terpilih sebagai siswa terbaik untuk Semaba PK pria Sersan Dua (Serda) Wembi Prastika Aji asal Yogyakarta, sedangkan Semaba PK Wanita Serda Sekar Arum dari Malang.

Acara pelantikan juga dimeriahkan demo aeromodeling, tarian massal, demo bongkar pasang senjata, bela diri militer oleh para bintara yang baru dilantik. Bahkan, para bintara yang baru dilantik juga memperagakan sebuah tehnik serangan pembebasan para sandera oleh kelompok terorisme. 

Baca juga: TNI AU lantik 227 bintara remaja
Baca juga: Penerimaan prajurit TNI AU prioritaskan putra daerah





 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019