Jakarta (ANTARA News) - Pebalap nasional Rifat Sungkar bersama pemandu arah (navigator)-nya, Scott Beckwith, yang tergabung dalam Pertamina Cusco Racing Team tampil maksimal pada Asia Pacific Rally Championship (APRC) seri II di Queensland Australia yang berakhir Minggu.

Berdasarkan siaran pers yang diterima ANTARA News, anak pasangan Helmy Sungkar dan Ria Sungkar itu masuk kategori Pacific Cup, dan mampu finis di urutan kedua di bawah pebalap asal Inggris, Mark Higgins. Untuk posisi tiga direbut oleh pebalap Tanah Air yang lain, yaitu pasangan Subhan Aksan dan Hade Mboi.

Khusus untuk kategori keseluruhan atau APRC, pebalap yang juga aktif di Drifting ini mampu finis diurutan kelima dibawah Mark Higgins (Inggris),Gurav Gill (India), Taguchi (Jepang), dan Alister McRe (Inggris).

"Kami mengalami kendala pada pengereman sejak SS (special stage) ketiga hari kedua perlombaan, Sabtu (14/5). Jadi kami tidak bisa maksimal memacu kendaraan hingga berpengaruh pada selisih waktu," kata Rifat Sungkar.

Menurut dia, meski belum bisa memuncaki seri APRC ini pihaknya mengaku bangga karena selama perlombaan mendapatkan dukungan penuh dari penonton disepanjang lintasan balap yang beraspal.

Dukungan itu diberikan karena mantan juara nasional rally itu menunjukkan keahliannya dalam drifting. Keahlian Rifat Sungkar dalam drifting ditunjukkan saat melintasi SS satu dan dua serta SS 11 dan 12.

"Mereka mungkin masih agak awam melihat aksi drifting sehingga mereka begitu gembira dan meminta saya mengulanginya lagi," kata suami dari Sissy Pricilia itu.

APRC seri II atau Rally of Queensland yang digelar di daerah pengunungan Imbil sekitar 175 km dari kota Brisbane sejak Jumat (13/5) hingga Minggu bisa dikatakan menjadi ajang balapan yang paling banyak diikuti oleh pebalap.

Jumlah pebalap yang turun di APRC seri II atau Pacific Cup seri I ini diikuti 90 pebalap. Angka ini lebih banyak dari catatan APRC dan Pacific Cup sebelumnya yaitu 85 pebalap.

Setelah seri Queensland pasangan Rifat Sungkar/Scott Beckwith akan menghadapi seri III APRC atau seri II Pacific Cup. Sesuai dengan jadwal kejuaraan itu akan digelar di Kaledonia Baru, 17-19 Juni mendatang. APRC 2011 terdiri dari enam seri yang terdiri dari tiga seri Asia Cup dan tiga seri Pacific Cup. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011