Jakarta (ANTARA News) - Sean Gelael (14) menempatkan diri di urutan ke-21 pada babak final Kejuaraan Karting WSK Masters Series yang berlangsung di Sirkuit Internasional Val Vibrata, Teramo, sekitar 245 km dari Roma, Italia, Minggu.

Pada perlombaan putaran ketiga Eropa Masters itu,-- diawali sejak Rabu mulai latihan bebas hingga latihan resmi dan babak kualifikasi yang cukup melelahkan,-- Sean akhirnya tembus ke final dan menyelesaikan lomba dengan waktu 55,681 menit.

Dari 54 pebalap dari berbagai negara Eropa dan Asia yang mengikuti kelas KF2 yang diikuti juara Asia 2010 Sean Gelael, sebanyak 34 peserta lolos ke putaran final dan pada babak kualifikasi itu Sean berada di urutan ke-17.

Sean yang menggenjot karting FA Kart dengan mesin Vortex dan menggunakan ban Vega, pada lomba final Minggu waktu setempat berada di urutan ke-21 sedangkan rekan setimnya dari Sean GP Team, Gagliardi Alfred asal Italia, berada di urutan kesembilan (54, 384), seperti dilansir dalam laman resmi panitia (www.wsk.it.com), Senin.

Urutan tiga teratas ditempati pebalap tuan rumah, Giovinazzi Antonio yang menyelesaikan lomba final 24 putaran dengan waktu 53, 699 menit disusul Fioravanti Damiano (53,614) dan Cucco Stefano (53,211).

Pada perlombaan final itu, sebanyak enam peserta gagal menyelesaikan lomba, sementara pada babak lomba prafinal 20 putaran, Sean Gelael berada di posisi ke-17 dan rekan setimnya Alfredo di tangga ke-29 dan urutan pertama dan kedua tetap ditempati Giovinnazi dan Fioravanti dan tempat ketiga Ercoli Gianmarco.

"Perlombaan berlangsung di lintasan basah karena hujan, sehingga jalur lomba licin dan kemampuan teknik para pebalap benar-benar diuji," kata ofisial Tim Sean GP, Jeffrey JP, dalam pesan singkat kepada ANTARA, Senin petang.

Jeffrey mengatakan, perlombaan berlangsung amat kompetitif sejak babak kualifikasi yang dibagi atas beberapa grup dan persaingan ketat itu amat bermanfaat bagi Sean yang memang sedang menimba pengalaman.

"Lomba tingkat Eropa di Italia dan Inggris amat bermanfaat bagi Sean," kata Jeffrey mengomentari Sean yang Maret lalu berlaga dalam tiga kejuaraan di Sarno dan Castelleteo di Italia dan di Grantham, Inggris, April.

Ayahanda Sean, Ricardo Gelael yang juga atlet dan juara nasional reli mobil pada 2006, sebelum berangkat ke Eropa mengatakan, target Sean mengikuti rangkaian perlombaan di Eropa dan Asia pada musim ini adalah untuk menimba pengalaman.

"Ia butuh jam terbang dan pengalaman berlomba di tingkat Eropa sebelum tampil pada perlombaan Formula," kata Ricardo mengomentari puteranya yang masih sekolah di tingkat sekolah menengah pertama itu, yang juga juara Asia dan nasional 2010 serta menyandang gelar juara nasional navigator reli mobil pada 2008.

Sean pada tahun ini juga mengadakan beberapaa test Formula BMW, Renault dan Albarth di Eropa dan Asia, salah satunya sudah dilakoninya di Sepang, Malaysia, awal tahun ini, sebagai persiapan mengikuti lomba Formula musim mendatang.
(A008/R010)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011