Jakarta (ANTARA) - Setiap hunian tentu membutuhkan lemari, mulai dari untuk menata pakaian, aksesoris, bahkan menyimpan peralatan rumah tangga. Umumnya, banyak orang menggunakan lemari dari bahan kayu untuk menyimpan barang-barang tersebut.

Namun, seiring waktu, lemari berbahan plastik pun mulai menarik perhatian dan sering digunakan di rumah. Apalagi, harga lemari plastik yang cenderung lebih murah, membuat banyak orang menjadikannya sebagai salah satu pilihan utama.

Meski begitu, ada beberapa kekurangan lemari plastik yang perlu Anda pertimbangkan, sebelum membelinya. Apa saja itu? Simak berikut ini.

1. Mudah pecah
Lemari plastik memiliki bahan yang tipis sehingga risiko pecahnya lebih tinggi. Apalagi, bila Anda membeli lemari dengan harga yang murah, tanpa memperhatikan kualitasnya.

Untuk menjaga lemari ini agar tahan lama, jangan sampai lemari yang Anda pakai sering terbentur barang berat ataupun tembok. Bila terlalu bahannya terlalu tidak kokoh, tentu lemari ini jadi mudah retak dan pecah.

2. Tidak mampu menopang beban yang terlalu berat
Selain bahannya yang terlalu tipis dan mudah pecah, lemari plastik juga tidak dapat menahan beban terlalu berat. Untuk itulah, Anda harus mengetahui kapasitas berat lemari tersebut sebelum meletakkan barang.

Jika Anda menyimpan barang yang terlalu berat dan melebih kapasitas, lama-kelamaan lemari akan mudah bengkok, bahkan bisa lebih cepat rusak.

3. Sistem penguncian yang kurang kuat
Karena bahannya yang terlalu ringan, biasanya lemari plastik tidak memiliki penutup yang baik. Selain itu, lemari plastik juga tidak memiliki kunci sehingga Anda tidak dapat menyimpan barang berharga di dalamnya.

Pintu lemari plastik pun biasanya mudah dibuka. Inilah yang membuat model lemari ini tidak cocok bila Anda memiliki anak kecil di rumah. Jadi, jangan biarkan si kecil membuat rumah Anda sampai berantakan gara-gara mengacak isi lemari di rumah, ya

4. Ruang penyimpanan terbatas
Jika Anda memiliki banyak barang yang ingin disimpan di lemari, lebih baik hindari menggunakan lemari plastik.

Umumnya, ukuran lemari plastik tidak terlalu besar dan hanya sedikit tempat yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan barang. Selain itu, bahannya yang tipis, membuat Anda jadi tidak dapat menyimpan terlalu banyak barang.

Itu dia kekurangan dari lemari plastik yang perlu menjadi pertimbangan untuk Anda. Tidak ada salahnya menggunakan lemari model satu ini, asalkan bisa sesuai dengan kebutuhan Anda di rumah. Selain itu, pastikan Anda memilih lemari yang berkualitas agar bisa tahan lama.

Nah, Anda bisa menemukan berbagai model lemari terbaik hanya di Ruparupa.com. Situs belanja satu ini juga menjual perabot dan perlengkapan rumah terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Ace Hardware dan Informa. Yuk, dapatkan penawaran menarik hanya dengan berbelanja melalui Ruparupa.com!

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021