Ancaman yang ditimbulkan oleh COVID-19 sama seriusnya seperti sebelumnya, dengan varian Delta yang lebih menular mendominasi di seluruh kawasan tersebut dan varian Omicron menyebar cepat dengan konsekuensi yang belum dapat dipastikan.
Jakarta (ANTARA) - Kantor Regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Eropa mengimbau masyarakat untuk tetap waspada selama musim liburan kali ini, mengingat kawasan tersebut tengah menghadapi dua galur (strain) virus corona yang sangat menular. 

"Kawasan Eropa telah menjadi episentrum pandemi bahkan sebelum munculnya Omicron, dengan melonjaknya kasus varian Delta," kata Hans Kluge, Direktur Regional WHO Eropa, dalam pernyataannya pada Kamis (16/12). 

Menurut WHO Eropa, ancaman yang ditimbulkan oleh COVID-19 sama seriusnya seperti sebelumnya, dengan varian Delta yang sangat menular mendominasi di seluruh kawasan tersebut dan varian Omicron yang menyebar cepat dengan konsekuensi yang belum dapat dipastikan.
 
Seorang pria bersiap untuk menjalani tes di sebuah pusat pengujian COVID-19 di Brussel, Belgia, pada 7 Desember 2021. (Xinhua/Zhang Cheng)Orang-orang mengantre untuk menerima suntikan vaksin COVID-19 di sebuah lokasi vaksinasi di pusat perbelanjaan di Berlin, Jerman, pada 25 November 2021. (Xinhua/Shan Yuqi)


Kluge mengatakan bahwa pengalaman telah menunjukkan bahwa kewaspadaan efektif di samping instrumen yang kita miliki saat ini, seperti vaksin, suntikan booster, pengujian, masker, dan jaga jarak fisik, yang terbukti menjadi penstabil dan cukup untuk membantu mengatasi virus itu dan menjaga masyarakat tetap aman.

"Kita menempuh perjalanan panjang sejak tahun lalu. Kita telah melihat contoh-contoh solidaritas yang menginspirasi. Kita tahu apa yang berhasil. Kita tahu bagaimana menjaga diri sendiri dan orang lain agar tetap aman. Munculnya Omicron tidak mengubah hal itu. WHO Eropa terus melakukan kontak rutin dengan para ahli di seluruh kawasan dan akan membagikan informasi lebih lanjut segera setelah tersedia, " katanya. 
 
Orang-orang mengantre untuk menerima suntikan vaksin COVID-19 di sebuah lokasi vaksinasi di pusat perbelanjaan di Berlin, Jerman, pada 25 November 2021. (Xinhua/Shan Yuqi


Kluge juga menyinggung soal meningkatnya informasi keliru seputar varian Omicron di kawasan Eropa. Dia mengimbau masyarakat untuk mencari sumber informasi yang dapat dipercaya yang memberikan saran berdasarkan bukti dan konsensus ilmiah terbaru.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2021