Ternate (ANTARA) - Sultan Ternate ke-49 Hidayatullah Sjah resmi setelah dikukuhkan menjadi Sultan Ternate menggantikan ayahnya Mudaffar Sjah melalui prosesi ritual adat Sinunako Sesikhalifat di lingkungan Kedaton Kesultanan Ternate, Sabtu.

Perangkat Adat Jou Mayor Kesultanan Ternate, Usman Natsir Sjah di Ternate, Sabtu mengatakan pengukuhan Sultan Ternate itu melalui tahapan pelaksanaan hadrat dari Imam Sigi Lamo, Sigi Cim, dan Sigi Heku atau perangkat di Masjid Kesultanan Ternate dengan para mufti kesultanan barulah diserahkan gelar ke Hidayatullah Sjah.

Acara dimulai dengan penyematan Stampa atau Mahkota ke Kepala Hidayatullah Sjah yang dilakukan Kiemalaha Marsaoly, H. Ahmad Dano Natsir.

Penyematan tersebut dilaksanakan di Kamar Puji sebuah ruangan di Kedaton yang disakralkan dan hanya boleh disaksikan oleh Kiemalaha Marsaoly serta Kapita Lao Gazali Mudaffar Sjah. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan Rorasa oleh Jou Hukum Sangaji, Abdulrahman.

Setelah itu, Sultan Ternate Hidayatullah Sjah diarahkan ke Balakun atau beranda Kedaton, untuk memberikan penyapaan berkah atau barakat ke para bala kusu se kano-kano, atau masyarakat adat Kesultanan Ternate, yang berada di halaman kedaton.

Menurut dia, ada yang menarik dalam momentum pengukuhan Sultan Hidayatullah Sjah dengan cara mengangkat kedua tangannya, gemuruh suara "Suba Jou" sebagai penghormatan kepada sang sultan menggema secara berulang dari halaman kedaton.

Begitu pula, beberapa menit kemudian, Sultan Ternate Hidayatullah Sjah diarahkan masuk menyapa para bala kusu se kano-kano yang berada di Pondopo, halaman belakang kedaton.

Kemudian diarahkan masuk ke kamar untuk menggantikan Stampa atau Mahkota dengan Tuala Wari atau penutup kepala berbentuk melingkar dan sedikit mengerucut ke belakang.

Sultan Ternate Hidayatullah Sjah diarahkan menduduki kursi kolano yang diletakkan di areal Pondopo. Setelah itu, para bala kusu se kano-kano secara berganti melakulan prosesi oro barakat atau mengambil berkah dari sultan.

Sultan Ternate, Hidayatullah Sjah ketika dikonfirmasi menyatakan, Kesultanan Ternate akan membangun hubungan dengan tiga kesultanan Ternate lainnya seperti Kesultanan Tidore, Kesultanan Jailolo dan Kesultanan Bacan.
Seorang Alfaris Kedaton Kesultanan (pengawal Kedaton) bersimpuh hormat kepada Sultan Ternate ke-49, Hidayatullah Sjah usai dirinya dikukuhkan menjadi Sultan Ternate menggantikan ayahnya Mudaffar Sjah, di Istana Kesultanan Ternate, Maluku Utara, Sabtu (18/12/2021). ANTARA/Abdul Fatah/aa.

Baca juga: Sejarawan: Teladani cara Sultan Baabullah menjaga marwah daerah
Baca juga: Sultan Baabullah berhasil usir Portugis hingga bawa kejayaan Ternate
Baca juga: Pemkot Ternate perjuangkan Sultan Baabullah jadi pahlawan nasional
Baca juga: Perangkat adat agendakan pengukuhan Sultan Ternate

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021