Jakarta (ANTARA) - Astronaut China dapat tinggal serta bekerja dengan lebih nyaman dan mudah di orbit berkat penerapan teknologi informasi yang canggih, demikian China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC).

Sistem rumah pintar dipergunakan di modul inti stasiun luar angkasa Tianhe China, kata Bai Linhou, Wakil Kepala Perancang Stasiun Luar Angkasa di Akademi Teknologi Antariksa China (CAST) di CASC, dalam konferensi pers pada Jumat (17/12).

Astronaut dapat mengendalikan pencahayaan dan peralatan dapur dari modul inti melalui aplikasi seluler.

Mereka juga dapat menavigasi internet dan berdiskusi melalui video dengan keluarga dan teman, jelas Bai.

Menurut Bai, dengan sistem akustik-optik yang melengkapi modul inti, para astronaut dapat tidur pada malam hari alih-alih bertugas.

Kenyamanan hidup dan bekerja adalah bagian penting dari desain pesawat luar angkasa berawak China. Para peneliti telah melengkapi modul inti tersebut dengan baik sehingga astronaut dapat bekerja dengan nyaman, demikian Bai.

Salah satu dari tiga astronaut yang menjalankan misi berawak Shenzhou-12 China, Tang Hongbo, mengatakan para kru dapat menikmati makanan panas dalam waktu sekitar setengah jam.

Dia juga mengatakan astronaut tidur dengan nyenyak di orbit berkat pengeras suara yang akan memberi tahu mereka jika ada yang tidak beres.

Penerjemah: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2021