suporternya juga bisa jadi teladan
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan informasi bahwa pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) segera tuntas kepada para suporter klub sepak bola Persija, Jakmania.

Saat tasyakuran atau peringatan HUT ke-24 Jakmania, Gubernur Anies menuturkan pembangunan stadion bertaraf internasional itu merupakan salah satu janji Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Area parkir terbatas, TransJakarta kembangkan rute baru menuju JIS

"Janji itu akan segera tuntas. Apa itu? Janjinya adalah menghadirkan stadion internasional di Jakarta. Alhamdulillah teman-teman semua, sebentar lagi akan tuntas, saat ini (progres) sekitar 88 persen," kata Anies di Masjid Sunda Kelapa Jakarta Pusat, Minggu.

Anies menjelaskan bahwa saat ini progres pembangunan JIS yang berada di Jakarta Utara itu sudah mencapai 88 persen dan segera dapat digunakan sebagai arena pertandingan untuk bisa disaksikan para suporter klub sepak bola seluruh Indonesia, termasuk Jakmania.

Kepada para suporter klub sepak bola ibu kota tersebut, Anies mengingatkan kembali momentum Persija Jakarta menjadi juara Liga 1 pada 2018.

Kemudian, Persija Jakarta juga menjuarai Piala Menpora pada tahun ini. Oleh karenanya, ia berharap agar para suporter menjadi teladan yang berkelas, layaknya stadion kebanggaan Ibu kota itu.

"Mulai sekarang, The Jak bersiap untuk bisa setara dengan stadion. Stadion internasional, kesebelasannya internasional, dan suporternya kelas internasional. Kita berharap The Jak tunjukkan bukan hanya tempatnya yang kelas global, tetapi suporternya juga bisa jadi teladan," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.
 
Suasana pencahayaan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (11/12/2021). JIS dirancang dengan tata cahaya sesuai standar FIFA, sehingga selain untuk pertandingan sepak bola juga siap untuk berbagai acara hiburan seperti konser musik, dan pembangunannya sudah mendekati 90 persen yakni 87,85 persen. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Baca juga: JakLingko uji coba integrasi pembelian tiket JIS lewat aplikasi

Adapun saat ini, pembangunan JIS telah memasuki tahap akhir. Sejumlah pekerjaan bagian dalam (interior) tengah dilaksanakan, seperti pemasangan bangku penonton, pengerjaan sisa-sisa precast tribun penonton, pemasangan lampu, hingga pemasangan sistem audio (sound system).

Berdasarkan laporan media asal Inggris Daily Mail pada 20 Februari 2021 lalu, JIS tercatat masuk dalam 10 stadion termegah di dunia.

JIS sejajar dengan Miami Freedom Park, Lusail Iconic, Bramley-Moore Dock, Camp Nou, Santiago Bernabeu, New Feyenoord, Della Roma, New San Siro, dan Grand Stade de Casablanca.

Tak hanya itu, JIS merupakan satu-satunya bangunan stadion yang telah memperoleh sertifikat bangunan ramah lingkungan (green building) level platinum pada aspek "Design Recognition".

Baca juga: Jadi kebanggaan, Anies: Proyek JIS dibiayai pajak warga Jakarta

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021