Jadi, aplikasi ini bisa membeli tiketnya
Jakarta (ANTARA) - Anak usaha BUMD DKI Jakarta, PT JakLingko Indonesia, akan uji coba pembelian tiket pertandingan dan acara di Jakarta International Stadium (JIS) terintegrasi lewat aplikasi.

"Ke depannya JakLingko akan uji coba di Stadion JIS. Jadi, aplikasi ini bisa membeli tiketnya," kata Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin dalam diskusi via Instagram di Jakarta, Minggu.

Saat ini, JakLingko masih melakukan perluasan uji coba terhadap kartu (smart card) dan aplikasi (super apps) terhadap empat moda transportasi, yakni MRT Jakarta, LRT Jakarta, TransJakarta dan KAI Commuter.

Aplikasi integrasi antarmoda itu dapat diunduh secara luas oleh masyarakat, khususnya pengguna transportasi umum ditargetkan pada Januari 2022.

Baca juga: JakLingko: Akses transportasi umum bagi disabilitas banyak berkembang

Kemudian pada fase 2 Maret 2022, JakLingko akan memperluas fungsi aplikasi yakni terintegrasi dengan ojek daring, taksi dan bahkan dapat digunakan untuk membeli tiket di lokasi wisata sebagai pengalaman baru. 

"Jadi, aplikasi ini bisa membeli tiketnya, rute ke stadion atau rute perjalanannya. Jadi, dari rumah misalnya menggunakan kereta, kemudian naik TransJakarta, sampai stadion nanti bisa ditampilkan di gerbangnya dan langsung masuk ke stadionnya," kata Kamaluddin.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama BUMD dan anak usaha berupaya untuk memudahkan masyarakat mengakses JIS, salah satunya melalui transportasi umum.

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) sendiri telah membuka rute baru Jakarta International Stadium (JIS) menuju Harmoni sebagai langkah untuk menyediakan akses transportasi ke stadion yang berlokasi di Papanggo, Jakarta Utara, tersebut.

Baca juga: Koantas Bima gabung ke TJ-JakLingko jadi bukti DKI berbenah

Rute baru ini menyediakan dua armada medium yang melayani pelanggan dan beroperasi pada Senin sampai Jumat pada pukul 06.00--10.00 WIB dan sore pukul 15.00-21.00 WIB dengan tarif Rp3.500 sekali jalan dan waktu perjalanan 20 menit.

Lintasan rute TransJakarta JIS-Harmoni meliputi: Halte Harmoni - Jln. Juanda - Jln. POS - Jln. Dr. Sutomo - Jln. Gunung Sahari - Jln. Underpass Angkasa - Jln. HBR Motik - Jln. Danau Sunter Barat - JIS.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021