Pontianak (ANTARA) - Capaian vaksinasi COVID-19 di Kota Singkawang sampai dengan hari ini, Senin, sudah mencapai 70 persen untuk tahap pertama.

"Untuk tahap satu sudah mencapai 70,77 persen. Sedangkan tahap dua baru 55,69 persen," kata Sekretaris Dinas Kesehatan dan KB Singkawang, Rindar Prihartono, Senin.

Dengan capaian tersebut, target 70 persen untuk dosis pertama pada akhir tahun tercapai, bahkan bisa terlampaui.

"Untuk percepatan vaksinasi kita terus menggerakkan seluruh lintas sektor terkait seperti camat, lurah, RT, RW, TNI, Polri dan lain-lain. Serta seluruh tim vaksinasi yang ada di Kota Singkawang," ujarnya.

Pemkot Singkawang berkomitmen untuk mengikuti kebijakan yang ada, terlebih saat ini sudah berada pada pemberlakuan PPKM level 1.

Berdasarkan pemantauannya di lapangan, cukup banyak masyarakat yang sudah mulai kendor dengan penerapan protokol kesehatan.

"Contohnya dalam penggunaan masker. Kita menyadari bahwa prokes mulai kendor di masyarakat, namun kami Dinas Kesehatan dan Puskesmas selalu mengedukasi masyarakat untuk selalu melaksanakan minimal 5M di dalam aktivitas sehari-hari," ungkapnya.

Menjelang Natal dan Tahun Baru serta mengantisipasi penyebaran varian Omicron di Kota Singkawang, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Singkawang untuk tetap menerapkan protokol kesehatan berupa 5M.

"Yakni, mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas sehingga kita dapat menghindari peningkatan kasus COVID-19 di Kota Singkawang," katanya.*

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021