roadmap diperlukan untuk pengembangan ke depan karena ketiga sektor tersebut menjadi fokus unggulan pembangunan Bantul.
Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyusun dokumen roadmap pengembangan sektor industri, pertanian, dan pariwisata sebagai panduan atau petunjuk dalam melaksanakan fokus pembangunan pada tiga sektor unggulan tersebut.

"Roadmap pengembangan industri pertanian dan pariwisata ini akan kami konkretkan, karena cakupan urusannya  besar dan banyak sekali," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih usai menghadiri acara Desiminasi Penyusunan Dokumen Roadmap Pengembangan Sektor Industri, Pertanian, dan Pariwisata di Bantul, Senin.

Menurut dia,  roadmap diperlukan untuk pengembangan ke depan karena ketiga sektor tersebut menjadi fokus unggulan pembangunan Bantul sesuai dengan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bantul Tahun 2021-2026.

"Fokus pembangunan sektor industri, pertanian, dan pariwisata dikarenakan ketiga sektor tersebut menduduki tiga besar dalam produk domestik regional bruto (PDRB) Kabupaten Bantul, serta memiliki populasi yang besar dari masyarakat Bantul," katanya.

Baca juga: Ekonom sebut sektor pertanian sebagai industri yang tahan krisis

Selain itu, kata Bupati, ketiga sektor tersebut juga memiliki daya dukung yang tinggi baik dari internal dan eksternal Bantul, yang apabila terus dikembangkan akan berdampak besar bagi pertumbuhan ekonomi yang muara akhirnya adalah kesejahteraan masyarakat.

Bupati mengatakan, daya dukung itu seperti Bantul yang telah ditetapkan menjadi salah satu kabupaten 'food estate' oleh Kementerian Pertanian.

"Dan ini akan disinergikan dengan sektor yang lain seperti pariwisata, sehingga bisa menjadi agrowisata, serta hasil pertanian juga bisa disinergikan dengan dunia industri yang menjadi 'off taker' dari hasil pertanian," kata Bupati.

Baca juga: Pemerintah dorong pemanfaatan teknologi untuk pemulihan pariwisata

Bupati mengatakan, penyusunan roadmap memiliki peran yang strategis supaya pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait memiliki panduan dalam melaksanakan fokus pembangunan untuk mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Bantul.

"Maka kolaborasi dan sinergi lintas sektor sangat diperlukan dalam desiminasi penyusunan dokumen roadmap, sebagai upaya mempertajam roadmap agar dapat melahirkan langkah-langkah strategis dan berkelanjutan dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan," katanya.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021