Ini film saya yang paling menyenangkan ya, menyanyi, menari jika dibandingkan dengan film-film saya, ini enggak perlu mikir susah-susah
Jakarta (ANTARA) - Menutup tahun 2021, sutradara Garin Nugroho menghadirkan "Sepeda Presiden", film karyanya yang diklaim sebagai yang paling menyenangkan dibandingkan dengan karya-karya sebelumnya.

Film bertema anak dan keluarga ini penuh dengan suka cita, ada menari, menyanyi, dan petualangan. Garin mengatakan kegembiraan yang ditawarkan dalam "Sepeda Presiden" merupakan sebuah perayaan untuk 40 tahun berkarya di industri film.

"Ini film saya yang paling menyenangkan ya, menyanyi, menari jika dibandingkan dengan film-film saya, ini enggak perlu mikir susah-susah," ujar Garin dalam pemutaran perdana film "Sepeda Presiden" di Epicentrum XXI, Jakarta, Senin.

Baca juga: Garin Nugroho sebut keberagaman festival film hidupkan produktivitas

"Sepeda Presiden" berkisah tentang pertemuan antara tiga sekawan di Papua yang ingin bertemu presiden dengan Youtuber yang lari dari kejenuhan hidupnya di Jakarta.

Pertemuan ini melahirkan peristiwa serba kocak, diwarnai petualangan di alam Papua yang indah serta dipenuhi lagu-lagu anak-anak yang bergembira dan menghibur.

Ide cerita ini sendiri diambil dari kisah bagi-bagi sepeda yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo kepada sejumlah anak Indonesia dan menjadi viral.

"Itu menjadi peristiwa budaya yang menarik dan secara sosial melahirkan partisipasi dan viral. Menjadi viral layaknya kisah rakyat hari ini, inilah awal inspirasi film ini," kata Avesina Soebil, produser dari Radepa Studio.

Baca juga: Daya tarik "A Perfect Fit", karya Garin Nugroho & Hadrah Daeng Ratu

Film ini dibintangi oleh Ariel Tatum, Sita Nursanti, Joanita Chatari dan Ian William. "Sepeda Presiden" juga menampilkan anak-anak asli Papua yang cerdas dan berbakat seperti Arnol Aner Asmuruf, Dede Ramandei dan Elias F. Padwa.

Keindahan alam Papua akan menjadi pemandangan yang menyejukkan mata sepanjang menonton "Sepeda Presiden". Selain itu, lagu-lagu daerah Papua juga diperkenalkan kembali bagi generasi masa kini.

"Sepeda Presiden" disutradarai oleh Garin Nugroho dan Hestu Saputra. Film ini tayang perdana di bioskop mulai 23 Desember 2021.

Baca juga: Garin Nugroho lahirkan karya film "Sepeda Presiden"

Baca juga: Film "Sepeda Presiden" tandai 40 tahun Garin Nugroho berkarya

Baca juga: Garin Nugroho: FFI upaya bangun ekosistem perfilman

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021