AsiaNet 44636

GOTHENBURG, Swedia, 22 Mei, (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) --

     Hasil analisis baru dari studi morbi-mortalitas terbesar yang pernah ada untuk pengobatan gagal jantung kronis menunjukkan bahwa agen yang menurunkan denyut jantung Procoralan (R) (ivabradine) secara signifikan memperbaiki kesehatan yang berhubungan dengan kualitas hidup. [1] Data baru dari SHIFT (Systolic Heart Failure Treatment with the If Inhibitor Ivabradine Trial, yang dipresentasikan untuk pertama kalinya hari ini di Heart Failure Congress 2011, sangatlah penting karena kualitas hidup sangat terganggu pada pasien dengan gagal jantung kongestif.
    
     "Memperbaiki ‘survival’ dan mengurangi penderitaan pasien adalah tujuan utama dalam mengelola pasien gagal jantung," kata co-chairman SHIFT, Professor Karl Swedberg dari Universitas Gothenburg. "Tetapi, pengobatan gagal jantung yang sekarang diresepkan untuk memperpanjang hidup seperti beta-blockers secara sederhana hanya mampu memperbaiki kualitas hidup pasien gagal jantung, sedangkan terapi seperti diuretik yang secara signifikan memperbaiki kualitas hidup tidak dapat menunjukkan efeknya pada 'survival'. Kami membutuhkan terapi baru seperti ivabradine yang memperbaiki kualitas hidup dan 'survival'."

     Studi kualitas hidup, SHIFT yang melibatkan 1944 pasien dengan gagal jantung kronis dari 24 negara yang secara acak menerima Procoralan(R) atau plasebo di atas standar terapi gagal jantung. Kesehatan yang berhubungan dengan kualitas hidup telah diteliti selama dua tahun menggunakan Kansas City Cardiomyopathy Questionnaire (KCCQ), yang sudah divalidasi, penyakit spesifik diukur berdasarkan status fungsional dan kualitas hidup. [2] KCCQ merupakan kuesioner yang dikelola sendiri, menunjukkan berbagai macam aspek kuantitas kehidupan sehari-hari seperti keterbatasan fisik, gejala, percaya diri, gangguan sosial pada pasien gagal jantung kronis.
    
     Sebuah perbaikan terlihat pada kelompok Procoralan(R). Pada analisis khusus yang mengeluarkan pasien yang meninggal, peningkatannya, pada clinical summary score (CSS) dilaporkan lebih banyak pada gejala-gejala klinis sedangkan overall summary score (OSS) yang memasukkan aspek klinis dan sosial, hingga dua kali lebih banyak pada kelompok Procoralan.    

     Hasil studi terbaru itu melengkapi penemuan utama dari studi SHIFT yang menunjukkan bahwa Procoralan(R) mengurangi resiko rawat inap karena perburukkan gagal jantung yang dengan lebih dari seperempat pasien (26%, p<0.0001) dan kemungkinan meninggal dari gagal jantung dengan jumlah yang sama (26% p=0.014). Meskipun faktanya pasien sudah diobati dengan baik, manfaat ini sudah dapat dilihat hanya dalam waktu tiga bulan pengobatan dengan Procoralan.
    
     Gagal jantung kronis memberi dampak pada 15 juta pasien di Eropa (2% hingga 3% dari seluruh populasi). Hal ini sangat mengganggu kemampuan jantung untuk memompa secara efektif dan mengatur sirkulasi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Gagal jantung memiliki dampak besar pada prognosis dan gaya hidup dari pasien dan itu merupakan masalah kesehatan utama dan beban ekonomi. Gagal jantung juga memberi dampak pada seluruh aspek kehidupan pasien, terutama pada mobilitas dan rutinitas seperti pekerjaan di rumah dan aktivitas sosial mereka. Sangat menyedihkan, setengah dari seluruh pasien gagal jantung meninggal dalam kurun waktu satu tahun.
    
     Jika dibandingan dengan penyakit kronis lainnya, pasien gagal jantung kronis menunjukkan pola yang sama dalam penurunan kualitas hidup seperti pada pasien hemodialisis kronis, depresi dan hepatitis. [3]
    
     Seiring dengan kemajuan terapi yang mampu meningkatkan umur pasien gagal jantung, sangatlah penting bahwa pasien-pasien ini mampu melakukan kegiatan sehari-hari dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.
    
     "Hasil terbaru pada kualitas hidup ini lebih menguatkan hasil utama SHIFT yang menyarankan suatu kebutuhan untuk mempertimbangkan menurunkan denyut jantung dengan ivabradine pada pasien gagal jantung dengan ritme sinus dan denyut jantung di atas 70bpm," kata Professor Michel Komajda, co-chairman SHIFT Executive Committee.
    
     *Berdasarkan pada negara, ivabradine tersedia sebagai Procoralan(R), Coralan(R), Coraxan(R), atau Corlentor(R)

     Referensi:

     [1] Ekman I  Ivabradine is associated with improved health related quality of life.  Results from SHIFT. Presented orally at a late breaking trial session of the Heart Failure Congress 2011

     [2] Green CP, Porter CB, Bresnahan DR, Spertus JA.  Development and evaluation of the Kansas City Cardiomyopathy Questionnaire: a new health status measure for heart failure. J. Am. Coll. Cardiol. 2000;35;1245-1255

     [3] Juenger J, et al. Health related quality of life in patients with congestive heart failure: comparison with other chronic diseases and relation to functional variables. Heart. 2002;87:235-241

     SUMBER: Servier



Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011