Padang (ANTARA News) - Tiga rumah hangus terbakar akibat hubungan arus pendek Senin (23/5) sekitar pukul 16.00 WIB di Jalan M Yunus, RT01/RW03 Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Padang, Sumatera Barat.

"Kebakaran yang terjadi di tiga rumah milik warga diduga akibat arus pendek yang ada disalah satu rumah, dan akhirnya menjalar ke rumah warga lainya," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Budi Erwanto, di Padang, Senin.

Ia menambahkan, kebakaran tersebut mengakibatkan ketiga rumah warga yang ada di dekat kampus IAIN Imam Bonjol, Padang, tinggal puing, meski petugas pemadam telah berusaha memadamkan api secara maksimal.

Api pertama kali muncul dari mesin foto kopi, milik salah seorang warga yang rumahnya terbakar yaitu Dainar (58), yang kemudian merambat kerumah lainya, milik Eti (57), serta rumah milik Yasmi (50).

Konseting listrik di tempat foto kopi tersebut beruntung cepat dikatahui oleh warga yang langsung melaporkanya ke pihak pemadam, namun karena besarnya kobaran api, ketiga bagunan yang ada disekitar lokasi ikut hangus.

Pemadam kebakaran yang menerjunkan enam unit mobil pemadam setelah sampai dilokasi langsung berusaha memadamkan kobaran api, dan juga agar tidak merambah rumah lainya di sekitar tempat kejadian.

"Kita menerjunkan enam unit mobil kebakaran kelokasi, dan beruntung kebakaran tidak tambah membesar, dan menghanguskan rumah lain di sekitar lokasi, karena dikawasan tersebut merupakan pemukiman padat penduduk," jelas Budi.

Budi menambahkan, kebakaran tersebut berungtung tidak mengakibatkan adanya korban jiwa, dan dalam waktu 30 menit, kebakaran dapat diatasi.

Kerugian akibat kebakaran tiga unit rumah warga tersebut diperkirakan pihak pemadam mencapai lebih kurang Rp30 Juta.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011