Jakarta (ANTARA News) - Layanan pertama yang memungkinkan orang membayar belanjaan melalui ponsel telah diluncurkan di Inggris.

Diantara toko-toko yang mendaftar menggunakan sistem ini adalah McDonald, EAT, Pret-a-Manger dan beberapa toko Boots.

Pengguna yang ingin menggunakan sistem yang dijuluki Quick Tap ini membutuhkan akun Orange dan Barclaycard serta sebuah handset yang diatur untuk pembayaran contactless ini.

Ide mobile wallet (dompet mobile) tersebut meraih popularitas di Eropa.

Layanan ini tersedia berkat Near Field Communication (NFC), teknologi wireless jangkauan pendek yang mendukung banyak sistem pembayaran wireless.

Quick Tap merupakan hasil kolaborasi antara Orange dan Barclaycard. Sistem itu membutuhkan handset Samsung Tocco Lite-- yang didukung teknologi NFC--yang mulai dijual Jumat pekan lalu.

Hanya pembelian bernilai minimal 15 poundsterling yang bisa dibayar melalui layanan ini, dan pengguna dapat memasukkan deposit ke rekening mobile mereka hingga 100 poundsterling.

"Memiliki dompet di ponsel saya membuat jauh lebih nyaman untuk berbelanja ketika bepergian dan saya suka ini karena memungkinkan saya untuk mengontrol pengeluaran ketika saya bepergian," kata David Chan, kepala eksekutif Barclaycard Consumer.

"Ini akan memulai revolusi dalam cara kita membayar segala sesuatu saat bepergian," tambah Pippa Dunn, wakil presiden direktur Orange.

Toko lainnya yang mendaftar menggunakan layanan ini antara lain Subway, Little Chef, dan the National Trust.

Akhir musim panas ini pengguna juga dapat menggunakannya untuk membayar layanan jalan tol M6 di Inggris.

Giles Ubaghs, seorang analis di Datamonitor berpendapat bahwa layanan ini mungkin akan berkembang lambat.

Layanan serupa sudah dikembangkan di Jepang dalam beberapa tahun dan operator DoCoMo NTT menghabiskan banyak untuk membuatnya berjalan dan berkembang.

Buktinya, kata Ubaghs, orang tidak sering menggunakannya. Hanya sekitar 10 persen yang menggunakan fungsi NFC pada ponsel mereka.

Nokia diyakini akan mengeluarkan versi berteknologi NFC dari permainan populer Angry Birds akhir tahun ini.

O2 yang sudah mengujicoba layanan ini juga dilaporkan akan meluncurkan layanannya akhir tahun ini.

Saat Olimpiade digelar diharapkan setiap transaksi, transportasi dan tiket, sudah bisa dibayar dengan teknologi contactless ini.

Sekarang ini terdapat 50 ribu toko di Inggris yang sudah bisa menerima pembayaran melalui perangkat berteknologi NFC. Saat ini terdapat 12,9 juta kartu kredit dan debit yang beredar, demikian dikutip dari BBC.

(S026/B010)

Penerjemah: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011