Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis buku saku serta jingle bertajuk “#mulaidarikamu” guna mengedukasi dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat dari penyebaran COVID-19.

Adapun buku saku yang diluncurkan memiliki nama Buku Saku Tanya Jawab Natal dan Tahun Baru 2021/2022 yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

“Ini adalah bentuk ikhtiar bersama dari pemerintah agar semua kalangan masyarakat bisa memahami kondisi terkini dan bisa saling melindungi satu sama lain,” kata Direktur Jendral (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo Usman Kansong dikutip dari siaran persnya, Selasa.

Peluncuran Buku Saku dan juga jingle “Mulai Dari Kamu” itu turut didukung oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negeri.

Adapun beberapa hal yang mendorong buku saku itu diterbitkan di antaranya potensi lonjakan kasus gelombang ketiga dari COVID-19.

Dinamika kedisiplinan masyarakat terhadap kerumunan, ketaatan masyarakat pada penerapan protokol Kesehatan, penemuan kasus varian baru yaitu varian Omicron.

Peningkatan mobilitas masyarakat selama masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, serta cakup vaksinasi dosis lengkap yang belum merata di masyarakat.

Hal- hal itu menjadi dasar Kementerian Kominfo mengambil langkah menghadirkan panduan dan juga jingle yang diharap dapat menjadi medium persuasif bagi masyarakat untuk tetap menjaga kewaspadaan terhadap COVID-19.

Di dalam Buku Saku Tanya Jawab Natal dan Tahun Baru 2021/2022 misalnya dapat dijadikan pedoman oleh semua lembaga serta masyarakat dalam beraktivitas selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Berbagai macam informasi terkait situasi terkini pandemi COVID-19, potensi terjadinya gelombang ketiga, dan aturan yang dikeluarkan terkait perayaan Natal dan Tahun Baru sudah tertuang dalam buku saku.

Terkait dengan jingle, Usman menyampaikan bahwa pemerintah berharap komunikasi lewat musik itu dapat terus mengingatkan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan dan vaksinasi COVID-19.

Jingle itu juga termasuk dalam bagian kampanye yang dilakukan oleh Ditjen IKP Kominfo yang menggandeng berbagai media untuk meningkatkan rasa kolektif masyarakat agar dapat saling membantu dan mengedukasi mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat di masa pandemi.

Hamigad Yehu Goma atau lebih dikenal dengan nama panggung Uncle T ditunjuk untuk membawakan jingle “#mulaidarikamu”.

Putra Indonesia asal Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur itu menyampaikan pesan lewat jingle itu dengan bahasa sederhana sehingga mudah dipahami oleh banyak kalangan.

“Dengan adanya upaya - upaya penguatan komunikasi publik ini, kami percaya bersama-sama dengan informasi yang benar maka kita bisa mencegah terjadinya peningkatan penularan COVID-19,” tutup Usman.

Buku Saku Tanya Jawab Natal dan Tahun Baru dapat diakses bersama dengan kompilasi informasi COVID-19 lainnya terkait Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 pada tautan s.id/nataru2021, sedangkan jingle “#mulaidarikamu” dipublikasikan melalui kanal-kanal informasi seperti radio dan media sosial.

Baca juga: Fakultas Farmasi UI buat buku saku isolasi mandiri COVID-19

Baca juga: Kemenag resmi luncurkan buku saku halal

Baca juga: Pemerintah akan buat buku saku SKB Pedoman UU ITE bagi penegak hukum


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021