Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri pertemuan antarlembaga negara yang diselenggarakan di Mahkamah Konstitusi (MK), Selasa pagi, sebelum melakukan kunjungan kerja dua hari ke Bali.

Pertemuan tersebut selain dihadiri oleh Presiden serta Wakil Presiden Boediono, juga dihadiri oleh Ketua MPR Taufiq Kiemas, Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua BPK Hadi Poernomo, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD , Ketua Mahkamah Agung Harifin Tumpa dan Ketua Komisi Yudisial Erman Suparman.

Sebelumnya Ketua MK Mahfud MD mengatakan dalam pertemuan tersebut setiap ketua lembaga negara akan menyampaikan makalah secara bergantian.

"Secara teknis semua kepala lembaga negara itu akan menyampaikan paper yang masing-masing 15 menit, lalu Presiden akan diberikan waktu lebih banyak karena beliau nanti akan merangkum semua gagasan itu didalam pendapatnya sendiri yang akan didiskusikan bersama," katanya.

Pertemuan itu, kata Mahfud, bertujuan untuk menyamakan visi pelaksanaan Pancasila dalam kehidupan bernegara.

Hal itu sesuai dengan tema pertemuan yaitu "Memantapkan Posisi dan Peran Masing-Masing Lembaga Negara dalam Upaya Penguatan Pancasila sebagai Dasar Ideologi Negara".

Mahfud menegaskan bahwa selama ini Pancasila tidak pernah lagi dihayati secara sungguh-sungguh dalam kehidupan bernegara sehingga negara morat-marit dan korupsi terjadi di mana-mana.

Menurut dia, negara harus diselamatkan, dan salah satu caranya adalah menyelamatkan ideologi negara yang merupakan tugas bersama.

"Kalau membela pemerintahan bisa ramai dan tidak kompak karena beda politik, tetapi kalau membela ideologi negara itu milik kita bersama. Nah itu itu yang akan kami bicarakan," katanya.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011