Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste melakukan kerja sama dalam rangka pengembangan lingkungan hidup internasional.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta dengan Menteri Ekonomi dan Pembangunan Republik Demokratik Timor Leste, Joao Mendes Goncalves di kantor Kementerian Lingkungan Hidup di Jakarta, Selasa.

"Hari ini kita memulai kerja sama yang sangat penting. Saya berharap setelah penandatanganan kerja sama bilateral ini dapat memajukan kerjas ama dalam bidang manajemen lingkungan," kata Gusti Muhammad Hatta.

Gusti mengatakan, kerja sama yang ingin dijalin dengan negara tetangga tersebut yaitu di bidang tata ruang, pengelolaan sampah, pengelolaan tanah, perubahan iklim, manajemen bencana, pengembangan regulasi dan penegakan lingkungan.

Selain itu juga kerja sama dalam bidang manajemen terpadu zona pesisir dan laut, keanekaragaman hayati dan laboratorium lingkungan.

Kerja sama tersebut dilakukan dengan cara pertukaran ahli teknis, informasi dan praktik terbaik, penelitian dan pelatihan.

Dalam memperluas kemitraannya, Indonesia dan Timor Leste juga dapat bekerja sama untuk mengelola masalah-masalah yang menjadi perhatian bersama dalam perjanjian multilateral.

"Misalnya, kita berbagi pandangan mengenai pentingnya melanjutkan Climate Change Protokol, dan juga memiliki program regional adaptasi dan keanekaragaman hayati setelah implementasi Global Enviromental Fund," tambah Gusti.
(D016/A011)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011