Solo (ANTARA) - Polres Kota Surakarta, Jawa Tengah melaksanakan vaksinasi terhadap anak usia 6 hingga 11 tahun 638 siswa dari enam sekolah dasar (SD) yang digelar di Gelora Bung Karno Manahan Solo, Rabu.

Menurut Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjutak, Polresta Surakarta melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun sebanyak 638 siswa dari enam SD untuk mendukung program pemerintah, bahkan Pemkot Surakarta sudah melaksanakan sejak Selasa (21/12).

Enam SD tersebut, yakni SD Negeri Manahan, SD Kristen Manahan, SD Mangkuyudan, SD Purwotomo, SD Tegal Ayu, dan SD Tegal Sari dengan total 638 sasaran.

Baca juga: Pemkot Surakarta siap lakukan vaksinasi anak di bawah 12 tahun

"Kami telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kota Surakarta untuk melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun terutama yang menempuh pendidikan SD di Surakarta. Kami mendapatkan pelaksanaan vaksinasi enam di SD dengan target 638 sasaran dan akan diselesaikan dua hingga tiga hari ke depan," kata Kapolres.

Pelaksanaan vaksinasi anak pada hari pertama Rabu siang ini, sudah menyuntik sebanyak 325 anak dari target 638 anak.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinkes dan Disdik Kota Surakarta dan meminta target sasaran vaksinasi anak mencapai 12.000 anak, baik untuk dosis pertama maupun dua yang dilaksanakan hingga 28 hari ke depan.

Kapolresta mengatakan hingga Rabu siang ini tidak ada kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI). Anak-anak yang divaksin merasa senang, karena ruangan di Gelora Bung Karno Manahan didesain ramah anak dan menyampaikan vaksinasi itu menyenangkan, menyehatkan, dan melindungi anak-anak dari bahaya COVID-19.

Baca juga: Pemkot Surakarta: Sesuai aturan tidak ada libur sekolah di akhir tahun

Baca juga: Pemkot Surakarta lakukan mitigasi menyusul temuan COVID-19 pada PTM


"Ruang vaksinasi didesain ramah anak dengan hadirnya tokoh-tokoh Superhero yang membuat anak seolah-olah tidak berada di ruang vaksinasi. Anak-anak senang, menyehatkan, dan tentunya akan terlindungi dari COVID-19," katanya.

Menurut dia, kegiatan vaksinasi dengan melibatkan anggotanya yang mengenakan kostum tokoh Superhero untuk menghibur anak-anak supaya mereka tidak merasa takut dan gundah saat divaksin. Sehingga, vaksinasi anak berjalan lancar, aman, dan menyehatkan

Sementara itu, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sebelumnya mengatakan kegiatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kota Surakarta sebanyak 57.000 sasaran. Vaksinasi anak akan diselesaikan secepatnya, Pemkot Surakarta menargetkan 4.000 suntikan per hari.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021