Bandung (ANTARA News) - Tim "Maung Bandung" Persib siap bermain otot pada pertandingan melawan Persiba Balikpapan di Balipapan, Kaltim, Minggu.

"Kondisi lapangan di sana (Balikpapan) mengharuskan pemain bermain `power.` Informasi lapangannya kurang bagus sehingga `power` pemain menentukan," kata Pelatih Persib Bandung, Daniel Roekito di Bandung, Selasa.

Untuk mempersiapkan pertandingan di lapangan yang kurang bagus, Tim Maung Bandung melakukan latihan tim juga di lapangan yang kondisinya becek dan rusak di Stadion Persib, depan Mess tim Maung Bandung.

Hilton Moriera dkk ditempa latihan teknik dan kerjasama tim untuk menyiasati kondisi lapangan yang kurang bagus.

"Diharapkan lapangan di sana basah sehingga tanah tidak keras. Dan jelas kami tidak bisa memaksakan bola-bola pendek di sana," kata Daniel.

Hal itu terlihat dari latihan tim Selasa pagi, dalam bentuk latihan games menggunakan setengah lapangan 11 lawan 11. Dengan tingkat kesulitan yang tinggi akibat kondisi lapangan buruk para punggawa Maung Bandung dipaksa untuk bermain ketat.

"Persiapan harus dilakukan sesuai kondisi kebutuhan pertandingan, dan kami melakukannya meski pemain harus berlumur lumpur sekalipun," katanya.

Meski pada putaran pertama Persib memang besar, namun Daniel mengaku tidak bisa memandang sebelah mata tim Persiba. Menurut Daniel, Persiba kali ini lebih bagus dibandingkan saat ia menukangi tim itu.

"Persiba lain dengan dulu, sekarang materi pemain bagus dan ada beberapa pemain yang harus diwaspadai, salah satunya Sultan Sama," kata Daniel.

Pelatih asal Rembang tersebut menyebutkan, Persib fokus untuk meraih hasil maksimal pada tiga laga sisa di putaran kedua. Meski demikian ia tidak mentargetkan point.

"Pokoknya dua kandang dan satu tandang akan dimaksimalkan, perkara raihan poin gimana nanti yang penting pemain tetap fokus. Spirit pemain cukup tinggi karena ingin memperlihatkan performance terbaik di penghujung kompetisi," katanya.

Sementara itu Matsunaga Shohei, striker Persib asal Jepang menyatakan siap diturunkan. Ia menyatakan ingin mempersembahkan gol dan tidak mempermasalahkan ditempatkan sebagai striker atau penyerang sayap.

"Saya siap diturunkan dimanapun dan membantu tim memenangkan pertandingan," kata Matsunaga Shohei.

Rencananya pasukan "Maung Bandung" akan bertolak menuju Balikpapan pada Kamis (26/5) lusa dari Bandara Soekarno Hatta.(*)

(U.S033/Y003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011