Surabaya (ANTARA News) - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI Gita Wirjawan menyatakan, Indonesia sudah bagus dalam fiskal dan demografi, tapi masih kalah dalam bidang pendidikan dan infrastruktur.

"Pendidikan sangat berperan penting bagi kemajuan bangsa," katanya saat memberikan kuliah umum dalam rangkaian "roadshow" bertajuk "Invest Remarkable Indonesia" di Gedung Pascasarjana Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Selasa, .

Di hadapan ratusan mahasiswa yang memadati Gedung Pascasarjana, alumnus Harvard University, AS itu menegaskan dengan pendidikan, Indonesia akan dapat bersaing dan meningkatkan kualitas kehidupan bangsa.

Menanggapi kuliah umum itu, Rektor ITS Prof Dr Triyogi Yuwono DEA menyambut hangat acara tersebut.

"Dengan kuliah umum itu, mahasiswa bisa menggali ilmu lain di luar bidang teknologi," katanya.

Antusiasme peserta terhadap acara ini terlihat sangat tinggi, bahkan besarnya ruangan hampir tidak mampu menampung peserta yang datang.

"Kami terpaksa menolak beberapa peserta karena tempatnya sudah penuh," kata ketua panitia, Ir Joke Pratilastiarso MT.

Materi kuliah umum yang bukan teknologi itu tidak menghalangi mahasiswa untuk mendapat pengetahuan baru.

"Saya sempat beberapa kali bingung dengan istilah-istilah yang dipakai, tapi banyak pengetahuan menarik yang saya dapatkan dari sini," kata mahasiswa Teknik Fisika, Farizha Triyogi, salah satu peserta kuliah umum itu.(*)

(T.E011/M027)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011